Antara Selera, Skill Bermusik & Kemampuan Berkarya...



ANTARA SELERA, SKILL BERMUSIK & KEMAMPUAN BERKARYA...

ketika banyak band/musisi yang mampu tampil bagus dengan membawakan karya-karya terkenal orang lain namun buruk dalam membuat karya sendiri, berikut ini adalah penyebab-penyebabnya;

 Kurang memadainya kemampuan meng-analisa dan meng-interprestasi (mentafsir) terhadap musik yang disukai sehingga kebisaan menyukai tidak sinkron dengan kebisaan membuat, hal ini disebabkan karena tingkat kemampuan nalar bermusik dan cerdas ber-ide yang kurang cukup, meskipun hal ini lebih dekat kepada pengaruh bakat/talenta alamiah namun kelemahan-kelemahan ini bisa diminimalisir dengan terus mengasah skill dan banyak mendengar musik-musik yang 'booming & legend' dari berbagai genre...

Ada 3 tingkatan kemampuan dalam MENTAFSIR MUSIK;

1) mendengar dan mencoba meniru meskipun tidak terlalu dekat benang merahnya (tidak terlalu persis karya yang dibuatnya dengan apa yang didengarnya).

2) mendengar dan mampu meniru.

3) puncak dari kemampuan mentafsir musik adalah ketika ia mendengar macam-macam lalu ia combine (gabung) semua itu menjadi sesuatu yang baru.

*selamat mengasah diri !!!




(Words/Lesson By Dani Mkd @Reyal Musik)

 
*harap dan mohon untuk selalu sertakan sumber arsip/artikel jika ingin copy-paste, etika dalam berbagi adalah modal dasar moralitas yang kreatif, jujur, beruntung dan cerdas. 

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...