Peran Gitar Didalam Band



PERAN GITAR DIDALAM BAND...

gitar adalah alat musik yg paling merakyat, ada dimana-mana, terjangkau karena murah harganya dan merupakan instrumen yg paling sering dipakai untuk mengiringi lagu, lalu apa fungsi utamanya didalam band?
Gitar sangat dekat dengan telinga dan perasaan manusia disebabkan jangkauan frekuensinya yg hampir sama dengan suara manusia, Gitar sangat berperan sebagai alat musik penentu harmonisasi (mampu menghadirkan banyak nada), gitar juga sama seperti vocal, selain meracik irama juga banyak membentuk pola-pola melodi/lagu (riff/lick), itulah sebabnya dimanapun gitar selalu menjadi instrumen paling favorit, yg jadi persoalan adalah banyak yg bisa bermain gitar namun sedikit yg bisa memainkannya dengan benar dan indah, dibawah ini ada beberapa tips supaya kita mampu mempelajari gitar dengan sistematis/teratur, praktis, tepat dan apik;

- perbanyaklah mendengar lagu/musik, karena pelajaran paling awal dari musik itu adalah mendengar. semakin banyak mendengar maka semakin besar kemungkinan menjadi mahir.

- jangan berlatih dengan gitar yang terlalu bagus (mahal) atau gitar yg terlalu jelek (murah), sebab jika terlalu bagus maka kita akan manja dan kesulitan jika suatu waktu bermain dengan gitar yg biasa, dan juga jika terlalu jelek maka sulit menerapkan praktek dan sukar mendapatkan sound yg bersih, cari yg sedang-sedang saja.

- jangan terlalu fanatik di salah satu genre/aliran musik, dalam proses belajar kita harus mendengarkan semua supaya feel/soul kita mudah terbentuk.

- dalam mempelajari gitar, jangan cuma mandek di satu peran, pelajari semua, mulai dari akord, ritem, melodi, harmoni dan improvisasi.

- usahakan juga kita bisa memainkan instrumen lain, sebab itu akan memudahkan kita dalam memahami harmoni instrumen.

- jika memungkinkan, maka ikutilah les musik sebab les musik akan memudahkan banyak kesukaran yg akan kita jumpai jika belajar sendiri, atau jika maunya otodidak maka pelajari dasar-dasar musik dengan cara membeli buku, melihat video lesson, sering-sering mengulik dan banyak bertanya kepada yg lebih ahli.

NB: seorang gitaris tidak akan merasa tenang sebelum ia memahami teori & praktek yg benar, gitaris pemula belum bisa menikmati apa yg dimainkannya disebabkan masih adanya perasaan takut salah, takut fals, skill kurang, grogi, rasa percaya diri kurang, dll.. suatu waktu jika sudah mahir maka seorang gitaris akan merasakan apa yg dimainkannya serta tentunya orang lainpun ikut merasakannya juga, nah ini yg disebut sudah memiliki feel/soul.



(Words/Lesson By Dani Mkd @Reyal Musik)

 
*harap dan mohon untuk selalu sertakan sumber arsip/artikel jika ingin copy-paste, etika dalam berbagi adalah modal dasar moralitas yang kreatif, jujur, beruntung dan cerdas. 

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...