Apa Sih Musik ROCK ???

tips, cara dan metode belajar gitar rock
Apa sih musik ROCK ? ini pertanyaan yg mungkin banyak orang penasaran dengan jawabannya....

JAWAB: bahasa sederhananya, musik rock adalah musik yang memiliki karakter nada dan irama yang keras, macho, jantan, dan biasanya agak cepat (walaupun ada juga yang bertempo lambat) serta lirik yang berani, secara garis besar musik rock itu terbagi kedalam dua jenis umum yakni; ROCK BLUES (BLUES ROCK) dan ROCK METAL, rock blues lebih dulu lahir, hasil dari percampuran rock n roll, lifestyle, penemuan-penemuan teknologi seperti efek-efek, dan lain-lain lalu rock metal lahir di kemudian hari... lalu apa perbedaan keduanya??? rock-blues atau blues-rock itu masih memiliki suasana blues yg kental terutama pada lick-lick dan riff-riff serta dinamika dan ekspresi, sesuai dengan kaidah dasar blues yang bermain dengan irama triplet/triol seperti swing (triol tapi nada keduanya mati, jadi yang hidup cuma nada pertama dan ketiga), nah itu ciri-ciri blues yang total mempengaruhi blues-rock secara umum termasuk anak-anaknya seperti country rock, funk rock, jazz rock / fusion, slow rock, pop rock, alternative rock, dan lain-lain.


Nah untuk rock metal ini sedikit beda, rock metal sudah banyak terpengaruh musik klasik yg cenderung memiliki beat yang datar, groove blues hanya dipakai di part-part tertentu sedangkan mayoritas bermain dengan ritem yang datar dan cepat disertai penyisipan banyak komposisi-komposisi classical music, rock metal inilah yg melahirkan anak-anak genre seperti speed metal, thrash metal, dan metal-metal lainnya... ada perbedaan mencolok diantara keduanya yakni blues rock melahirkan banyak anak genre yang lebih variatif dan kontras sedangkan rock metal cenderung satu warna artinya anak-anak genrenya antara satu dengan lainnya tidak memiliki perbedaan yang kontras alias beda-beda tipis. kini istilah rock metal lebih dikenal dengan sebutan heavy metal.






(Words/Lesson By Dani Mkd @Reyal Musik) 


*harap dan mohon untuk selalu sertakan sumber arsip/artikel jika ingin copy-paste, etika dalam berbagi adalah modal dasar moralitas yang kreatif, jujur, beruntung dan cerdas.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...