Lebih Penting Mana, Nada Atau Tempo?

Ada yang tanya,” om, lebih penting mana NADA sama TEMPO?”

JAWAB: tempo!, loh kok tempo? ya karena nada seburuk atau sesumbang apapun selama mainnya gak lari dari tempo dan ketukan (birama) maka masih bisa dianggap sah, legal dan rasional, sebaliknya jika nadanya bagus, masuk dan indah namun lari dari tempo dan birama maka itu tidak lebih baik dari suara ‘angin ribut’.. mau bukti? misal coba kamu suruh temanmu nyanyikan lagu dengan tempo biasa sekitar 100bpm lalu teman yg satunya lagi bernyanyi dengan tempo naik sedikit 108bpm, apa yg terjadi? semut rangrang dan rumput bergoyang pun tahu apa yg sedang terjadi… :D

# kesimpulannya : seseorang di-vonis berbakat tidaknya dalam dunia musik tergantung dari kemampuan dia memahami tempo dan ketukan (birama), seandainya ada seseorang yg main akord dan main melodi ngaco semua tapi temponya betul maka orang tersebut masih bisa disebut ‘punya’ bakat (*maksudnya bakatnya masih bisa ‘diluruskan’ supaya tidak sesat :) ), sebaliknya sekalipun ia punya nada yg pas, akord betul tapi temponya ‘lain seragam’ maka kemungkinan besar beliau itu tidak berada di ‘jalan yg lurus’ dan sulit ‘diluruskan’ alias tidak berbakat, dan akan sangat sulit sekali belajar musik jika tanpa bakat alami tempo dan paham ketukan (*karena bakat ini biasanya bakat bawaan, bakat kandung, anugerah, bakat yg sudah nempel saat kita semua masih di perut emak).

# musisi yg bijak, arif dan benar adalah musisi yg selalu memperhatikan tempo dan ketukan lebih dulu daripada nada.



(Words/Lesson By Dani Mkd @Reyal Musik) 


*harap dan mohon untuk selalu sertakan sumber arsip/artikel jika ingin copy-paste, etika dalam berbagi adalah modal dasar moralitas yang kreatif, jujur, beruntung dan cerdas.





3 comments:

  1. Bagi kami yang tidak punya bakat alami itu bagaiman gan ?

    Haruskah kami berhentimain musik


    org bilang ada kamuan ada jhalan

    gimana dong solusiny gann

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau memang merasa tidak berbakat di musik, lebih baik cari bidang lain, sebab cuma akan buang2 waktu... cukup jadi penikmat musik saja, sebab kalau ingin jadi pemain musik syarat utamanya harus ada bakat.. tetap semangat !

      Delete
  2. MW TNYA NIH BANG, entah sya punya bkat atau tidak, tapi sya bsa ngiringi musik dlm blajar, nah disisi lain sya ska karaoke,cuman terkadang terburu-buru masuk terkadang bsa ngepasin n terkadang telat juga,, jdi gmn solusinya dgn msalah sperti itu? apkh musti lbh giat brlatih ato gmna, mohon pencerahannya,,, terimakasih...

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...