Korelasi Lirik Lagu Dan Nada Inside / Outside Dalam Aransemen Musik

Hubungan Atau Korelasi Antara Lirik Lagu Dan Nada Inside / Outside Dalam Aransemen Musik

Tahukah kamu bahwa hemat tidaknya penggunaan nada (inside dan outside) tergantung dari tema lirik lagu?

- lagu cinta romansa; biasanya tidak bermain 'outside' lebih 'inside' artinya bermain di nada-nada yang umum dan mudah dicerna serta berkarakter individualis (*lebih nikmat dinyanyikan dengan tidak banyak orang).

- lagu persahabatan; biasanya bermain 'inside' dengan menggunakan syair yang cenderung lebih banyak daripada tema cinta, berkarakter kolektif (*lebih asik jika dinyanyikan bersama-sama dengan banyak orang).
 

- lagu penderitaan; biasanya bermain ‘inside’ namun kadangkala ada ‘outside’ untuk menambah sugesti suram, berkarakter individualis (*lebih nikmat dinyanyikan dengan tidak banyak orang).

- lagu sosial, perjuangan dan kehidupan; biasanya bermain sangat ‘inside’, lebih menonjolkan syair lagu, berkarakter kolektif (*lebih hikmat dinyanyikan dengan banyak orang).

- lagu tentang Tuhan; biasanya bermain ‘inside’ agar lirik dapat dihayati dengan seksama, berkarakter individualis dan bisa juga kolektif.

- lagu petualangan; lebih pas lebih banyak bermain ‘outside’ dengan banyak improvisasi dan dinamika, lirik / syair bisa mengikuti dari belakang, susul menyusul atau sekejap-sekejap, berkarakter kolektif (*lebih nikmat dimainkan dengan banyak orang, lebih mengutamakan permainan instrumen).

Dan lain-lain….


(Words/Lesson By Dani Mkd @Reyal Musik) 


*harap dan mohon untuk selalu sertakan sumber arsip/artikel jika ingin copy-paste, etika dalam berbagi adalah modal dasar moralitas yang kreatif, jujur, beruntung dan cerdas.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...