Jenis Tipe Lagu Dari Perspektif Lirik, Nada & Aransemen Musik

Hubungan Atau Korelasi Antara Lirik Lagu Dan Nada Inside / Outside Dalam Aransemen Musik



lagu, tipe lagu, jenis lagu, lirik lagu, tema lagu, genre lagu, genre musik, nyanyian, aliran musik


Lagu memiliki banyak sekali model, tipe, jenis dan macam-macamnya, dan diantara pembeda paling utama adalah tema lirik lagu, nada lagunya hingga ke komposisi aransemen musiknya.

Bahkan lagu dalam satu tema pun bisa memiliki genre aliran musik yang berbeda-beda, biasanya krena faktor nada lagu dan aransemen musiknya.

Dalam artikel kali ini akan dibahas lebih khusus pada tema lagu (lirik lagu) dan hubungannya dengan nada lagu dan iringan aransemennya.

Sebelum membahas itu, kita harus paham dulu tentang nada lagu yang memiliki 2 bentuk ;

  • Nada lagu inside, adalah nada lagu yang mudah dicerna dan umumnya berada di tangga nada dasar sesuai dengan nada dasar lagunya
  • Nada lagu outside, adalah nada lagu yang sedikit unik, sering berada diluar jalur tangga nada, tapi memiliki karakter yang kuat dan memberi ciri khusus


Tema lagu, lirik lagu, nada lagu mempengaruhi jenis / tipe lagu (genre musik)



1. Lagu cinta / romansa

Biasanya tidak bermain 'outside' lebih 'inside' artinya bermain di nada-nada yang umum dan mudah dicerna serta berkarakter individualis (lebih nikmat dinyanyikan dengan tidak banyak orang). Tipikal aransemen musiknya biasanya dibuat dalam iringan musik yang tenang, lembut dan sendu.

2. Lagu persahabatan

Biasanya bermain nada 'inside' dengan menggunakan syair yang cenderung lebih banyak daripada tema cinta, berkarakter kolektif (lebih asik jika dinyanyikan bersama-sama dengan banyak orang). Aransemen musik dibuat lebih semangat dan gembira.

3. Lagu renungan & penderitaan

Biasanya bermain nada ‘inside’ namun banyak juga dengan nada ‘outside’ untuk menambah sugesti suram, berkarakter individualis (lebih nikmat dinyanyikan dengan tidak banyak orang). Aransemen musik ditata lebih hikmat, tenang terkadang iringan musiknya terdengar agak suram terutama untuk yang bertema derita.

4. Lagu sosial, perjuangan dan kehidupan

Biasanya bermain dengan nada yang sangat ‘inside’, lebih menonjolkan syair lirik lagu, berkarakter kolektif (*lebih hikmat dinyanyikan dengan banyak orang). Aransemen musik lebih bergelora dan semangat terutama yang tema liriknya tentang perjuangan. 

5. Lagu tentang Tuhan

Biasanya bermain di banyak nada ‘inside’ agar lirik dapat dihayati dengan seksama, sangat menonjolkan unsur lirik, berkarakter individualis dan bisa juga kolektif. Aransemen musik umumnya dibuat dengan iringan musik yang lebih tenang, lembut, hikmat dan menyentuh.

6. Lagu petualangan

Lebih pas lebih banyak bermain ‘outside’ dengan banyak improvisasi dan dinamika, lirik / syair bisa mengikuti dari belakang, susul menyusul atau sekejap-sekejap, berkarakter kolektif (*lebih nikmat dimainkan dengan banyak orang, lebih mengutamakan permainan instrumen).

Dan lain-lain….




(Words/Lesson By Dani MKD @Reyal Musik) 


rahasia ilmu musik

Reyal Musik adalah studio rekaman, kursus musik, jasa aransemen musik dan jasa pembuatan lagu terbaik dan profesional dengan biaya terjangkau, small price but BIG quality !

VISIT OUR OFFICIAL SITES :

www.studioreyalmusik.com

www.reyalmusik.com

Posting Komentar

silahkan ketik pertanyaan anda jika ingin bertanya atau butuh penjelasan lebih lanjut mengenai postingan artikel ini, admin akan segera merespon dan memberikan jawaban secepatnya, dan mohon untuk tidak spamming di kotak komentar, beriklan atau bertanya diluar topik (out of topic) karena admin akan menghapus hal-hal demikian, terimakasih dan semoga artikel ini bermanfaat untuk anda

Lebih baru Lebih lama