Perbedaan Antara Musik, Ilmu Musik, Pemusik Aktif Dan Pasif

Ada perbedaan jelas antara musik dan ilmu musik, didalam musik kita bisa berperan aktif maupun pasif (bisa bermain atau cukup mendengar atau jadi penikmat saja), berbeda dengan ilmu musik, dalam ilmu musik, kita dituntut untuk belajar lewat berbagai sayap-sayap ilmu yakni; mendengar, menyimak, mengulik, menganalisa, mentafsir, membawakan dan mengembangkan, seorang pemusik aktif (band, solois, duo, trio, grup, dan lain-lain...) masuk ke kategori wajib belajar karena secara etika keilmuan ia aktif berperan sebagai pemain (secara moral keilmuan dalam musik, ia dituntut untuk belajar agar ditemukan titik ideal sebagai musisi), belajar bisa via les/sekolah atau otodidak, jadi tidak masalah pilihannya kemana, yang penting belajar dan berlatih banyak... 

Inilah tanggung jawab jika kita berperan sebagai musisi / pemusik, seandainya etika ini dijalankan maka keluhan-keluhan tentang penurunan mutu musikalitas akan jauh berkurang, dan ingat! jangan terbuai popularitas semu (shadow popular), terkadang karena terlalu semangatnya ingin buru2 terkenal menyebabkan ia terlena dan lupa untuk terus meningkatkan kualitas diri... keep learning & fight on, selamat belajar dan jangan cepat berpuas diri!


(Words/Lesson By Dani Mkd @Reyal Musik)



*harap dan mohon untuk selalu sertakan sumber arsip/artikel jika ingin copy-paste, etika dalam berbagi adalah modal dasar moralitas yang kreatif, jujur, beruntung dan cerdas.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...