Tips Cara Teknik Bermain Gitar, Bass, Piano Keyboard, Drum, Vokal Yang Bagus Dan Cerdas (Part.2)

Tips Cara Teknik Bermain Gitar, Bass, Piano Keyboard, Drum, Vokal Yang Bagus Dan Cerdas (Part.2)


(Part.2) Hal-Hal Yang Wajib Diketahui Agar Bisa Bermain Musik Dengan Bagus Dan Menarik


1. Floating Notes

Ketika membuat lagu banyak yang hanya fokus di 'nada jatuh' jarang yang memanfaatkan floating note seperti nada-nada suspended. padahal nada-nada suspended mampu menstimulasi (merangsang) pendengar untuk makin penasaran mendengar.
 

2. Dry Sound

Banyak yang tidak memanfaatkan part 'dry sound' untuk 'mengakrabi' pendengar supaya mampu masuk kedalam musik/lagu yang kita mainkan, kebanyakan sound yang dibuat sudah tertutup 'ribuan' efek yang tidak jelas.
 

3. Referensi Musik

Ketika band sedang berkumpul membuat beberapa lagu/musik, mereka kerap melupakan 'aneka referensi' sehingga lagu/musik yang dibuat terkesan sama semua atau monoton.
 

4. Solo Lebih Mudah Daripada Follow

Bermain lead instrumen seperti solo guitar (melodi) lebih mudah daripada guitar fill in atau follow guitar, sebab solo itu cuma sendiri tanpa terganggu adanya vocal sehingga not apapun dan style apapun yang dimainkan masih bisa terdengar sah, namun ketika follow (main disaat vocal ada) maka pertimbangan nada dan timing menjadi lebih rumit, sebab jika asal masuk kemungkinan tabrakan sound bisa terjadi.
 

5. Peran Bass 

Bassist bisa lebih terdengar permainannya jika berani sedikit bermain upbeat, membaca timing, memaksimalkan ritem, melawan gitar/keyboard dengan mengambil harmoni yang berbeda (bermain bukan di root note), dan lain-lain. Bahkan secara umum permainan bass menjadi penentu blending tidaknya harmoni instrument serta bass juga memiliki kemampuan mempercantik harmoni dengan kekuatan nadanya.
 

6. Harmoni Instrument

Salah satu bentuk harmoni instrumen, contoh: drummer yang cerdas mampu menempatkan permainan ‘ornament’ disaat gitar sedang plucking, bassist sedang soft solo dan keyboard sedang block string.
 

7. Kromatik

Nada-nada kromatik bisa dimanfaatkan untuk mempermanis permainan piano/keyboard, terutama untuk passing note dengan dinamika yang baik, kebanyakan permainan piano/keyboard yg monoton karena tidak memanfaatkan trik ini.


dan lain-lain ... (BERSAMBUNG) 




baca artikel sebelumnya dan lanjutannya klik link-link berikut ini... 



(Words/Lesson By Dani MKD @Reyal Musik)




rahasia ilmu musik

Reyal Musik adalah studio rekaman, kursus musik, jasa aransemen musik dan jasa pembuatan lagu terbaik dan profesional dengan biaya terjangkau, small price but BIG quality !

VISIT OUR OFFICIAL SITES :

www.studioreyalmusik.com

www.reyalmusik.com

Posting Komentar

silahkan ketik pertanyaan anda jika ingin bertanya atau butuh penjelasan lebih lanjut mengenai postingan artikel ini, admin akan segera merespon dan memberikan jawaban secepatnya, dan mohon untuk tidak spamming di kotak komentar, beriklan atau bertanya diluar topik (out of topic) karena admin akan menghapus hal-hal demikian, terimakasih dan semoga artikel ini bermanfaat untuk anda

Lebih baru Lebih lama