Tips, Trik, Rahasia Ilmu Musik Pada Gitar, Bass, Piano, Drum & Vokal (Bagian II)

Cara Mudah Belajar Musik
(BAGIAN II)...
RAHASIA-RAHASIA MUSIK YANG JARANG DIUNGKAP ! akan kami bongkar
disini, diantaranya;


- ketika membuat lagu banyak yang hanya fokus di 'nada jatuh' jarang yang memanfaatkan floating note seperti nada-nada suspended. padahal nada-nada suspended mampu menstimulasi (merangsang) pendengar untuk makin penasaran mendengar. 

 
- banyak yang tidak memanfaatkan part 'dry sound' untuk 'mengakrabi' pendengar supaya mampu masuk kedalam musik/lagu yang kita mainkan, kebanyakan sound yang dibuat sudah tertutup 'ribuan' efek yang tidak jelas. 

 
- ketika band sedang berkumpul membuat beberapa lagu/musik, mereka kerap melupakan 'aneka referensi' sehingga lagu/musik yang dibuat terkesan sama semua atau monoton. 

 
- bermain lead instrumen seperti solo guitar (melodi) lebih mudah daripada guitar fill in atau follow guitar, sebab solo itu cuma sendiri tanpa terganggu adanya vocal sehingga not apapun dan style apapun yang dimainkan masih bisa terdengar sah, namun ketika follow (main disaat vocal ada) maka pertimbangan nada dan timing menjadi lebih rumit, sebab jika asal masuk kemungkinan tabrakan sound bisa terjadi. 

 
- bassist bisa lebih terdengar permainannya jika berani sedikit bermain upbeat, membaca timing, memaksimalkan ritem, melawan gitar/keyboard dengan mengambil harmoni yang berbeda (bermain bukan di root note), dan lain-lain. 

 
- salah satu bentuk harmoni instrumen, contoh: drummer yg cerdas mampu menempatkan permainan ‘ornament’ disaat gitar sedang plucking, bassist sedang soft solo dan keyboard sedang block string. 

 
- nada-nada kromatik bisa dimanfaatkan untuk mempermanis permainan piano/keyboard, terutama untuk passing note dengan dinamika yang baik, kebanyakan permainan piano/keyboard yg monoton karena tidak memanfaatkan trik ini. 


dan lain-lain ...



(Words/Lesson By Dani Mkd @Reyal Musik)

http://reyalmusik.flavors.me
 
*harap dan mohon untuk selalu sertakan sumber arsip/artikel jika ingin copy-paste, etika dalam berbagi adalah modal dasar moralitas yang kreatif, jujur, beruntung dan cerdas.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...