Musisi Dunia Yang Banyak Dijadikan Referensi Musik Oleh Musisi Lokal

PENTINGNYA REFERENSI MUSIK

manusia sulit terbebas dari pengaruh (influence), apalagi dalam dunia musik, tanpa referensi maka kita seperti orang yg 'linglung', 'kehabisan akal', 'mati ide' bahkan 'mati skill'... referensi musik itu amat penting dan banyak dijadikan pijakan utama para band-band besar dalam membuat karya, tahukah kalian bahwa band THE BEATLES, QUEEN, U2 dan RADIOHEAD adalah band yang paling sering 'dicontek' karya-karya mereka oleh band-band besar Indonesia bahkan dunia terutama mereka-mereka yang bergenre POP, ALTERNATIVE, POPROCK, ROCK, CREATIVE ROCK, ETC...?

* INGAT ! trik yang jenius adalah dengar apa yang mereka dengar, bukan dengar apa yang mereka buat, maksudnya apa? misalkan jika kamu penggemar salah satu band besar indonesia maka jangan terpengaruh dengan karya mereka sebab jika terpengaruh maka karya-karyamu akan sama persis dengan karya mereka dan kamu hanya akan dicap sebagai pengekor atau pencontek picisan, jadi yang benar tuh gimana ya om??? yang benar itu dengar apa yang mereka dengar, misalkan band pujaanmu itu menyukai dan terpengaruh Radiohead maka dengarkan Radiohead sebab hampir dipastikan karya mereka itu 'copypaste' nya Radiohead, jika karya kalian terpengaruh Radiohead maka umumnya pendengar awam di seluruh indonesia tak akan tahu, beda jika kamu terpengaruh dengan karya band pujaanmu itu maka hampir dipastikan tukang 'sebar paku' juga tahu kalau kamu nyontek dan itu tidak akan membuat harga diri atau musikalitasmu naik justru drop abis :) ... kesimpulannya; cari tahu band yang kamu sukai itu menyukai siapa lalu pelajari dan analisa? ini trik yang sering dipakai oleh band-band besar indonesia dan band besar dunia dalam mencari bentuk dan karakter sendiri dengan memanfaatkan referensi / wawasan musik yang luas, sehingga akhirnya mampu tampil dengan ciri yang lebih khusus...

* coba kamu simak band-band besar indonesia tidak akan lepas dari pengaruh karya-karya THE BEATLES, QUEEN, U2 dan RADIOHEAD, dan sejenis mereka.. hal ini disebabkan kejeniusan para band legend dunia dalam meramu kualitas dan komersialitas, ada harga dirinya dan ada harga jualnya... :).... selamat meng-analisa... goodluck folks !!!

(Words/Lesson By Dani Mkd @Reyal Musik) 


*harap dan mohon untuk selalu sertakan sumber arsip/artikel jika ingin copy-paste, etika dalam berbagi adalah modal dasar moralitas yang kreatif, jujur, beruntung dan cerdas.

2 comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...