Tips Belajar Bermain Alat Musik Untuk Pemula (Gitar, Piano, Bass, Drum, Vokal)

Kumpulan Tips Belajar Bermain Alat Musik Untuk Pemula Gitar Piano Keyboard Bass Vokal Drum


Cara Bermain Alat Musik Yang Baik, Bagus Dan Benar



Belajar Bermain Gitar


Mulai dulu dari banyak mendengarkan musik karena wawasan musik adalah faktor utama seseorang mampu bermain musik dengan baik dan benar. setelah itu mulai hapalkan fretboard, belajar chord-chord dasar seperti mayor dan minor serta tangga nadanya skaligus latih tangan fretting (tangan kiri) meliputi strenght, stretch dan independent serta latih pula tangan picking & finger (tangan kanan) dengan strumming dan alternate picking.

Latih juga teknik-teknik dasar seperti sliding, hammering, bending, dan lainnya.. juga belajar ngulik lagu / musik serta coba dianalisa (cari lagu yang sederhana dulu), selanjutnya pelajari chord-chord lainnya seperti chord 6, dominant 7, suspended (sus), diminished (dim), major 7, Augmented (aug/+) dan lain-lain sekaligus pelajari scale / mode nya dan seterusnya. untuk dasar bermain gitar silahkan tonton video-videonya klik video lesson belajar gitar.


Belajar Bermain Bass

 
Sama seperti gitar diatas, khusus bass; latih pikado (telunjuk dan jari tengah memetik secara bergantian) sampai matang sebelum masuk ke teknik yang lain-lainnya seperti thumb, thumb & index, tremolo, picking, dan sebagainya.

Perluas wawasan musik terutama mampu memahami banyak genre (aliran) musik karena permainan bass itu sangat dipengaruhi oleh kemampuan ritmik, chording maupun melodik. dan bass merupakan instrument penengah antara instrument tonal (bernada) seperti gitar, piano, biola, flute dan lain-lain dengan instrument perkusif (pukul) seperti drum, perkusi dan lain-lain.

Oleh sebab inilah seorang bassis yang profesional itu umumnya mampu memainkan banyak instrument / alat musik atau biasa disebut multi instrumentalist. berikut ini beberapa latihan lanjutan bermain bass klik video belajar bermain bass.


Belajar Bermain Piano Keyboard


Hafalkan semua nada yang ada di tuts piano (baik nada-nada natural / tuts putih maupun nada-nada kromatik / tuts hitam), sebagai dasar latihan keyboard atau piano sering-seringlah latihan koordinasi fingering tangan kanan dan kiri, tujuannya adalah untuk memisahkan peran tangan kanan dan kiri agar mandiri sesuai perannya masing-masing.

Tangan kanan umumnya untuk memainkan chord dan melodi sedangkan kiri umumnya untuk main bass dan chord, permainan piano atau keyboard yang baik adalah adanya saling isi-mengisi (tidak tumpang tindih) serta berbagi peran antara tangan kanan dan kiri.

Memang untuk memisahkan kedua tangan kita agar tidak saling mempengaruhi cukup sulit di awal, tapi harmonisasi permainan piano atau keyboard sangat tergantung dari konsep latihan koordinasi semacam ini, berikut ini adalah contoh-contoh untuk latihan dasar klik video lesson latihan dasar piano / keyboard.


Belajar Bermain Drum


Perbanyak mendengar irama (rhythm / ritem) dari berbagai ketukan dan genre musik, sebab bagusnya permainan seorang drummer tergantung dari perbendaharaan irama yang ada di ide-idenya, hal yang paling sulit di drum selain penerapan ritem juga bagaimana cara memisahkan kaki kanan, kaki kiri, tangan kanan dan tangan kiri sampai masing-masing memiliki peran sendiri-sendiri tanpa saling mempengaruhi.

Ini sulit karena cara inilah yang akan memisahkan otak kanan dan kiri kita sehingga kita mampu menggunakan semua potensi fisik kita baik tangan maupun kaki menjadi lebih rapi dan koordinatif. ingat ! 

Sebaik-baiknya seorang drummer atau pemain drum adalah tatkala ia mampu bermain secara ritmik, jadi jangan terjebak di permainan yang terlalu teknis sebab permainan tipe ini bisa mereduksi unsur ritmik maupun feel / soul bermain musik.


Belajar Latihan Vokal

 
Perbanyak menghafal lagu-lagu dari berbagai genre / aliran musik, jangan fanatik genre, jika ingin memiliki skill vokal yang bagus harus berani mendengar banyak dan mencoba untuk mengambil sisi teknis maupun feel dari setiap genre yang sedang dicermati. 

Seorang vokalis / singer / penyanyi sebaiknya bisa pula memainkan minimal satu alat musik, sebab kemampuan instrumentasi itu bisa sangat berpengaruh terhadap perkembangan skill bernyanyi / vokal, dengan mengerti bermain alat musik seorang vokalis akan mampu memahami pergerakan chord, harmoni, timing, improvisasi, ritem dan lain-lain. 

Juga jika seorang vokalis adalah juga seorang instrumentalist maka ia memiliki kesempatan besar untuk bisa pula menjadi seorang songwriter (penulis lagu) dan music arranger (penata musik), atau versi lengkapnya bisa menjadi seorang composer / komposer / komponis.

Selamat belajar dan berlatih keras.



(Words/Lesson By Dani MKD @Reyal Musik)


rahasia ilmu musik

Reyal Musik adalah studio rekaman, kursus musik, jasa aransemen musik dan jasa pembuatan lagu terbaik dan profesional dengan biaya terjangkau, small price but BIG quality !

VISIT OUR OFFICIAL SITES :

www.studioreyalmusik.com

www.reyalmusik.com

Posting Komentar

silahkan ketik pertanyaan anda jika ingin bertanya atau butuh penjelasan lebih lanjut mengenai postingan artikel ini, admin akan segera merespon dan memberikan jawaban secepatnya, dan mohon untuk tidak spamming di kotak komentar, beriklan atau bertanya diluar topik (out of topic) karena admin akan menghapus hal-hal demikian, terimakasih dan semoga artikel ini bermanfaat untuk anda

Lebih baru Lebih lama