Bakat Adalah Modal Terbesar Dalam Permainan Musik

Bakat Jauh Lebih Penting, Urgen, Keren, Mantab, Mewah, Luar Biasa Dibanding Alat Musikmu…

ada yang curhat,"om, saya minder, alat musik saya murah dan jelek, tapi kata sohibku aku punya bakat yang bagus di musik, gimana ya om biar tetap semangat main musik tanpa harus minder ngeliat musisi-musisi berduit disana yang punya alat mahal-mahal?" 

JAWAB: seburuk apapun gitarmu jika tanganmu istimewa maka gelagat permainan cerdas akan tetap terdengar, sejelek apapun drummu bila otakmu mampu mengkalkulasi beat dan mentransformasi visi kedalam feel maka kamu akan tetap terlihat jenius, sekumel apapun bassmu jika nada-nadamu mampu menjadi penyeimbang dan menyelinap diantara alat musik tonal dan non-tonal maka kamu tetaplah gagah sebagai bassist, secempreng apapun sound keyboardmu atau pianomu bila tahu konsep penetrasi harmonik didalam komposisi aransemen band maka kamu tetaplah seorang jawara… kamu tahu berapa banyak orang yang memiliki alat-alat musik bagus, mahal dan mengerikan harganya namun sangat miskin skill dan wawasan? punya pesawat bila diterbangkan oleh supir bajaj tentu akan beda kualitas ‘terbangnya’…

Asah bakatmu maka kamu akan tetap istimewa di segala medan pertempuran, dan banggalah pada bakatmu karena itu jauh lebih mahal, berkelas, mewah dibandingkan alat-alat musik ‘big price’ yang dimiliki anak-anak mami yang rata-rata cuma menang wangi di dompet dan baju namun ‘fakir miskin’ dalam skill. 

ANTARA BAKAT ALAM DAN LATIHAN KERAS

Di dunia musik ada dua keadaan yang biasanya dialami oleh semua pemusik / musisi, yakni berangkat dari bakat alam / bakat natural / talenta atau bisa karena latihan keras, ini adalah dua keadaan yang sedikit berbeda, bakat alam di musik biasanya tidak terlalu membutuhkan latihan yang super keras, ia cukup mengasahnya atau menggosoknya maka akan berkilau kemampuannya, walaupun berlatih itu tetaplah mutlak dibiasakan, sebaliknya kemampuan musikal yang didapat dari latihan keras biasanya disebut kemampuan mekanik, jadi ada fenomena di dunia musik yakni ada sebagian orang yang sebenarnya tidak berbakat alam di musik tapi mampu bermain musik dengan cukup baik, biasanya tipe musisi seperti ini bergantung pada guru, kertas dan panduan, jadi ada semacam keadaan yang 'tidak mandiri' karena harus ada beberapa syarat baru bisa bermain musik, dan tipe-tipe pemusik seperti ini ada dan nyata

Sebaik-baiknya pemusik adalah yang mampu menggabungkan kemampuan alaminya dengan latihan keras (kemampuan mekanik), jika kombinasi ini ada didalam diri seseorang, maka dia adalah musisi / pemusik yang bagus sekali dan ideal.  

(Words/Lesson By Dani Mkd @Reyal Musik) 


*harap dan mohon untuk selalu sertakan sumber arsip/artikel jika ingin copy-paste, etika dalam berbagi adalah modal dasar moralitas yang kreatif, jujur, beruntung dan cerdas.

2 comments:

  1. Trmksih gan informasinya... teman2 dan guru saya di skolah banyak yg mendukung keahlian dan bakat bermusik saya.. tapi orang tua saya masih meragukan saya.. karena ortu saya juga dulunya seorang pemusik(tapi gagal krna ga berkeliaran sama musiknya.. cuman bisa maini lagu doang.. g bisa berkreasi).. jadi ortu saya masih ragu dan kurang mendukung kegiatan bermusik saya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Asah terus bakatmu dan tunjukkan ke siapa saja bahwa KAMU BISA ! .... keep learning!

      Delete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...