Cara Menguji Skill Bermain Gitar Seseorang, Tes Kemampuan Musik

kursus gitar, les gitar, kursus gitar jakarta, les gitar jakarta, kursus gitar jakarta timur, les gitar jakarta timur


Ada murid disini yang bertanya," om, cara nge-test orang biar ketahuan dia bagus enggaknya main gitar, gimana sih, apa suruh dia main melodi atau apa?"

JAWAB: caranya begini, jangan tes dia langsung dengan melodi, sebab bagus tidaknya permainan gitar seseorang bukan hanya ditentukan dengan permainan melodinya, yang paling bagus itu awali tes dengan menguji apakah dia mampu bermain ritem dengan minimal 5 style / genre yang berbeda (ini juga sekaligus sebagai tes wawasan musik), lihat cara petikan dan genjrengannya (*jika pola bermainnya sama semua berarti dia masih belum fleksibel, masih monoton atau secara umum masih kurang komplit skillnya).

Apabila dia lolos dengan tes pertama, selanjutnya uji dia bermain harmoni seperti pemahaman chord mulai dari kunci dasar sampai kunci-kunci lanjutan, juga perpaduan chord serta cara memadukan nada-nada yang ada di scale sederhana menjadi sesuatu yang padat bermakna, suruh dia berimprovisasi menggunakan 3 tangga nada pokok yakni major scale (tangga nada mayor), minor scale (tangga nada minor) dan dominant scale (tangga nada dominant) dan sebagai pelengkapnya bisa ditambah dengan tangga nada pentatonik dan kromatik.

Suruh dia mencampur aduk semua chord, teknik ritem serta teknik melodi dengan scale-scale tersebut menjadi satu permainan utuh. Jika di poin ini dia lulus ujian maka kamu uji dengan tes terakhir yakni kualitas feel / soul bermusik.

Lihat touching (sentuhan-sentuhannya apakah enak di kuping?), timing nya (apakah isian-isiannya pas atau tumpang tindih?), fill in (apakah dia bisa menyelipkan isian-isian yang bagus / indah dalam permainannya), dan lain-lain.

Inilah kurang lebihnya poin-poin yang menentukan kualitas musikal atau musikalitas seseorang terutama untuk menguji permainan gitar seseorang. 
 



**jadi itu kurang lebih cara menge-test apakah seseorang itu pantas dibilang baik / bagus dalam permainan gitar, karena syarat dibilang bagus adalah mampu bermain fleksibel, multi style, versatile... ingat ! jangan test hanya lewat permainan melodi, karena banyak yang beranggapan bahwa permainan melodi itu adalah skill puncak dalam gitar, ini keliru, sebab permainan melodi gitar itu bukan satu-satunya ukuran pokok dalam menentukan skill permainan gitar seseorang, walaupun benar jika melodi masuk salah satu faktor penentunya.



(Words/Lesson By Dani MKD @Reyal Musik)





Reyal Musik

Reyal Musik adalah studio rekaman, kursus musik, jasa aransemen musik dan jasa pembuatan lagu terbaik dan profesional dengan biaya terjangkau, small price but BIG quality !

VISIT OUR OFFICIAL SITES :

www.studioreyalmusik.com

www.reyalmusik.com

Posting Komentar

silahkan ketik pertanyaan anda jika ingin bertanya atau butuh penjelasan lebih lanjut mengenai postingan artikel ini, admin akan segera merespon dan memberikan jawaban secepatnya, dan mohon untuk tidak spamming di kotak komentar, beriklan atau bertanya diluar topik (out of topic) karena admin akan menghapus hal-hal demikian, terimakasih dan semoga artikel ini bermanfaat untuk anda

Lebih baru Lebih lama