Bermain Melodi Itu Gampang Di Gitar, Piano Keyboard, Bass, Benarkah ?

Bermain melodi itu gampang di gitar, piano keyboard bass ?


Sudah banyak yang heran ketika bertanya kepada saya,”kata om, main melodi itu paling gampang di gitar, apa bener?”.

JAWAB: ya betul sekali, permainan tergampang di instrument gitar adalah melodi, bahkan juga berlaku untuk instrument lainnya seperti piano, bass, biola, dan lain-lain.. loh kok bisa? 

Karena melodi itu bermain di level horizontal serta linear (lurus), kalau di dunia musik karakter permainan seperti ini bermain di wilayah single notes (not-not tunggal) yang dirancang menjadi satu kesatuan melodi yang memiliki ide, gagasan & mood musikal.

Dan melodi cuma bermain satu-satu nada maka jelas sekali lebih mudah dibanding mendalami chord (kunci) yang memiliki harmoni (lebih dari 1 nada), jadi mendalami chord jauh lebih sulit daripada mendalami melodi, chord memiliki syarat yang mutlak, melodi lebih fleksibel, dan fatalnya banyak pemula yang mengira permainan arpeggio itu adalah permainan melodi padahal chording (permainan chord).

Justru yang sering dijumpai di dunia musik banyak permainan melodik yang mantap, unik dan skillful karena menggunakan konsep chording bukan cara linear seperti scale atau mode yang sangat mudah dimainkan dan ditebak.

Jadi kalau mau jago melodi, kuasai chord, maka permainan melodi akan lebih impresif, atraktif dan ekspresif, ingat ! ketika kita mendalami chord maka secara otomatis kita pasti bisa main melodi sebaliknya jika kita cuma mendalami melodi (scale & mode) maka belum tentu kita paham chord bahkan fakta di lapangan membuktikan bahwa seorang pemain yang terlalu melodius umumnya lemah di chord dan teknik ritem. 

-> selamat belajar & berlatih keras



(Words/Lesson By Dani MKD @Reyal Musik)


RM

Reyal Musik adalah studio rekaman, kursus musik, jasa aransemen musik dan jasa pembuatan lagu terbaik dan profesional dengan biaya terjangkau, small price but BIG quality !

VISIT OUR OFFICIAL SITES :

www.studioreyalmusik.com

www.reyalmusik.com

1 Komentar

silahkan ketik pertanyaan anda jika ingin bertanya atau butuh penjelasan lebih lanjut mengenai postingan artikel ini, admin akan segera merespon dan memberikan jawaban secepatnya, dan mohon untuk tidak spamming di kotak komentar, beriklan atau bertanya diluar topik (out of topic) karena admin akan menghapus hal-hal demikian, terimakasih dan semoga artikel ini bermanfaat untuk anda

Lebih baru Lebih lama