Skill Tonal (Nada) & Skill Ritem (Ritmik), 2 Skill Bermain Musik Paling Penting Bagi Musisi Sejati

Dua Skill Utama Musik Yang Menjadi Tanda Kita Sebagai Musisi Yang Berkualitas


Ada dua jenis kemampuan yang biasanya selalu ada di setiap musisi atau pemain musik, yakni kemampuan tonal dan kemampuan ritmik, berikut ini penjelasannya.

1. SKILL KEMAMPUAN TONAL (BERMAIN MUSIK DENGAN NADA)


Kemampuan tonal adalah kemampuan yang berhubungan dengan skill mengolah nada, tentu musik itu pondasi dasarnya adalah nada, intisarinya adalah nada, oleh karena itu setiap pemain musik pasti memiliki kemampuan ini, bedanya hanya di tingkat eksplorasi dan kreasi, tentu setiap musisi punya skill yang berbeda-beda, ada yang bagus, ada yang biasa dan ada yang dibawah standar.

Tonal atau nada adalah 'ujung tombak' dalam permainan komposisi musik, nada adalah hal yang paling mudah diingat oleh siapapun, dari nada yang biasanya terkonsep dalam tangga nada inilah muncul nada-nada lagu dan nada-nada instrument.

Nada-nada lagu diwujudkan dalam bentuk suara dan nada-nada instrument keluar dari alat-alat musik tonal (bernada) seperti gitar, piano keyboard, bass, biola, suling, terumpet, harmonica, dan lain-lain..



skill musik, jago musik, bermain musik, mahir musik, musisi berkualitas, pemusik hebat



2. SKILL KEMAMPUAN RITEM / RITMIK / IRAMA MUSIK


Kemampuan ritmik adalah kemampuan yang berhubungan dengan irama musik atau ritem, kita semua tahu pengertian irama itu adalah cengkok musik, lekuk musik, warna musik. Irama biasanya sangat berhubungan dengan kemampuan perkusif (alat musik pukul), seseorang yang piawai memainkan alat musik pukul pastinya memiliki kemampuan ritmik yang baik.

Irama atau ritem itu adalah tulang punggung permainan musik, artinya tidak ada musik yang tanpa irama. dari irama inilah lahir berbagai macam aliran (genre) musik, dari mulai pop, rock, blues, jazz, klasik, hiphop, RnB, country, dan lain-lain.

Irama mampu memberikan ciri yang kuat sehingga masing-masing aliran musik pasti tercirikan dengan kuat menurut warnanya masing-masing, pemain ritem / irama paling utama dalam format band adalah drummer. pemain drum adalah pembentuk irama, penegas beat dan penjaga tempo.

Irama itu ada di setiap instrument apapun, gitar ada permainan ritmiknya, begitu juga piano, bass, biola, dan lain-lain.


Jago & Hebat Bermain Musik Bisa Tercapai Jika Skill Musik Tonal (Nada) Dan Skill Musik Ritmik (Ritem) Bisa Seimbang


Sebaik-baiknya pemusik adalah yang mampu menyeimbangkan kemampuan tonal dan ritmik secara proporsional, ada sebagian musisi yang lebih condong ke ritmik ada juga sebagian musisi yang lebih condong ke tonal, bahkan ada yang terlalu jauh kecondongannya di salah satu. 

Yang terbaik itu adalah membuatnya seimbang, walaupun fakta lapangan mengungkapkan bahwa mayoritas musisi itu sulit sekali menyeimbangkan kedua kemampuan ini, selalu berat di salah satu. musisi yang jago bermain nada belum tentu bagus di pola ritemnya, begitupun sebaliknya musisi yang hebat bermain ritem belum tentu paham cara meng-eksplorasi nada. lalu bagaimana cara membuat kedua kemampuan ini menjadi imbang? 


Tips Jago Mahir Bermain Musik, Cara, Teknik & Rahasia Menjadi Musisi / Pemusik Berkualitas


Musisi yang bisa menyeimbangkan kemampuan ini biasanya musisi yang sudah memiliki bakat bawaan, artinya secara alami dia sudah memiliki kemampuan hitungan yang baik (ritem membutuhkan banyak kalkulasi / hitungan) dan juga punya imajinasi yang bagus (mengolah nada membutuhkan banyak imajinasi dan ide).

Oleh karena faktor-faktor tersebut maka seorang pemusik yang memiliki kemampuan yang imbang baik tonal maupun ritmik kemungkinan besar bisa bermain berbagai alat musik baik tonal maupun perkusif, serta bisa juga memainkan banyak aliran musik, karena memiliki dua kemampuan ini sama seperti kita memiliki multi skill yang bisa membuat kita mampu bermain secara multi style, lebih fleksibel, lebih kreatif dan inovatif.

Di REYAL MUSIK, ada materi pelajaran khusus yang bisa membuat anda menyeimbangkan dua kemampuan ini jika ikut program les kami (*pilihan instrument: gitar elektrik, gitar akustik, piano keyboard, bass dan drum), artinya anda akan dilatih dan dibimbing untuk menjadi pemusik yang multi skill dan fleksibel, jika berminat silahkan ikuti program les di tempat kami REYAL MUSIK, info selengkapnya klik DISINI



(Words/Lesson By Dani MKD @Reyal Musik)




Reyal Musik

Reyal Musik adalah studio rekaman, kursus musik, jasa aransemen musik dan jasa pembuatan lagu terbaik dan profesional dengan biaya terjangkau, small price but BIG quality !

VISIT OUR OFFICIAL SITES :

www.studioreyalmusik.com

www.reyalmusik.com

1 Komentar

silahkan ketik pertanyaan anda jika ingin bertanya atau butuh penjelasan lebih lanjut mengenai postingan artikel ini, admin akan segera merespon dan memberikan jawaban secepatnya, dan mohon untuk tidak spamming di kotak komentar, beriklan atau bertanya diluar topik (out of topic) karena admin akan menghapus hal-hal demikian, terimakasih dan semoga artikel ini bermanfaat untuk anda

Lebih baru Lebih lama