7 Jenis Band Yang Harus Kamu Ketahui

macam jenis tipe grup band musisi pemusik


Tipe / Jenis Band



1. Band Pemula

Band yang belum terlalu matang secara skill, band jenis ini jumlahnya banyak, kebanyakan yang usianya masih remaja sampai menjelang dewasa. Band jenis ini belum bisa dikategorikan musisi ideal karena masih dalam proses pembelajaran.


2. Band Hobby

Band yang hanya sekedar mencari kesenangan dan mengisi waktu luang, band jenis ini jumlahnya lumayan. Tipikal band ini bisa berisikan personil atau pemain musik yang belum berpengalaman maupun yang sudah berpengalaman.


3. Band Komunitas

Band yang terbentuk karena visi dan misi tertentu, misalnya komunitas band rock artinya perkumpulan musisi-musisi yang suka dengan musik rock lalu membuat komunitas yang intens. Atau contoh lain band untuk amal, artinya band yang didirikan adalah dalam rangka mencari dukungan dana untuk kegiatan amaliah sosial. Contoh lain band untuk kelestarian alam, artinya band dibentuk untuk mempromosikan slogan cinta kepada alam sekitar, dan lain-lain. 


4. Band Rekaman

Band yang orientasinya untuk menghasilkan karya lalu direkam, band jenis ini jumlahnya banyak juga karena dari mulai band pemula sampai yang pro ada di minat ini. Konon band jenis inilah yang paling giat dijalani oleh para musisi karena faktor sensasi popularitas dan selebritas.  


5. Band Festival

Band yang orientasinya lebih ke ajang perlombaan dan mengejar prestasi panggung, band jenis ini secara skill tergolong matang (*walaupun tidak semua) dan punya pengalaman stage yang banyak, band festival ini umumnya berkarakter segmented artinya mereka mengikuti festival yang sesuai dengan genre mereka. Misalnya festival jazz maka yang mengikuti ajang ini tentunya band-band yang bergenre jazz. Walaupun memang di sebagian tempat ada juga ajang yang bersifat multi genre (banyak aliran).  


6. Band Cafe / Home Band

Band yang sangat matang secara skill karena dituntut untuk mampu membawakan musik jenis apa saja (all genre/all around) bahkan harus bisa mengiringi request dari penonton. Ini termasuk jenis band yang matang secara skill dan feel.


7. Session Band

Band yang isinya adalah para session player. Ini bisa disebut sebagai band yang paling matang dan profesional secara skill karena session player biasa mengiringi banyak musik, banyak penyanyi baik di stage maupun didalam proses rekaman (audio / music production). Punya kemampuan bermain live hingga berkarya dalam studio rekaman. Umumnya jasanya sering disewa oleh para penyanyi profesional, musisi profesional, dan lain-lain.





(Words By Dani MKD @Reyal Musik)





Reyal Musik

Reyal Musik adalah studio rekaman, kursus musik, jasa aransemen musik dan jasa pembuatan lagu terbaik dan profesional dengan biaya terjangkau, small price but BIG quality !

VISIT OUR OFFICIAL SITES :

www.studioreyalmusik.com

www.reyalmusik.com

Posting Komentar

silahkan ketik pertanyaan anda jika ingin bertanya atau butuh penjelasan lebih lanjut mengenai postingan artikel ini, admin akan segera merespon dan memberikan jawaban secepatnya, dan mohon untuk tidak spamming di kotak komentar, beriklan atau bertanya diluar topik (out of topic) karena admin akan menghapus hal-hal demikian, terimakasih dan semoga artikel ini bermanfaat untuk anda

Lebih baru Lebih lama