Belajar Kunci Gitar Untuk Pemula - Chord Mayor, Minor & Dominant - Lengkap Dengan Gambar + Video (BAGIAN 1)

Cara Mudah Cepat Belajar Gitar, Bass, Drum Dan Keyboard Piano
Ada 3 jenis chord paling utama, paling penting dan paling pokok dalam dunia musik yang wajib diketahui oleh para pemula ;

1. Chord / Kunci Major
2. Chord / Kunci Minor
3. Chord / kunci Dominant 


Sebelum membahas ketiga jenis chord diatas, mari kita pahami dulu apa itu chord. Chord atau biasa disebut kunci (*saya lebih setuju jika penamaannya chord, kord atau akord, sebab kunci itu sebenarnya beda lagi dalam ilmu musik, tapi berhubung kebanyakan orang sudah terbiasa menamakannya kunci maka ra opo-opo, boleh..). 

Chord adalah sekumpulan nada-nada harmonis (normalnya 3 nada, ada juga yang 2 nada, ada juga yang 4 nada atau lebih) yang dibunyikan serentak (bisa juga dipetik satu-satu) untuk mengiringi lagu atau musik. Ini pengertian sederhananya… jadi tujuan bermain chord adalah sebagai ‘temannya’ lagu / musik yang sedang dibawakan, chord merupakan unsur paling penting didalam permainan musik, dan kemampuan bermain chord adalah penentu utama bagus tidaknya skill bermusik seseorang.

Tangga Nada (Scale) C Major 


1
2
3
4
5
6
7
8
C
D
E
F
G
A
B
C’
 

Tangga Nada (Scale) C Minor 


1
2
3
4
5
6
7
8
C
D
Eb
F
G
Ab
Bb
C’


Tangga Nada (Scale) C Dominant 

1
2
3
4
5
6
7
8
C
D
E
F
G
A
Bb
C’
 


Chord yang biasa kita mainkan seperti major dan minor adalah jenis chord yang memiliki formula 3 nada, apa itu formula atau chord tones ? formula adalah nada-nada pembentuk chord. Darimana asalnya chord itu ? chord berasal dari tangga nada (scale), misalnya chord C major atau cukup ditulis C memiliki formula 1,3,5 atau C,E,G diambil dari nada pertama, ketiga dan kelima dari tangga nada C major, ini rumusnya chord C major, nada-nada formula ini harus dihafalkan, jangan cuma menghafal letak atau posisi chord pada fretboard gitar tapi kita wajib tahu juga nada-nada pembentuknya agar bisa berkembang skill bermusik kita, mengetahui chord tones atau formula adalah syarat utama supaya kita mampu bermain harmonik, melodik dan improvisasi, jadi sangat-sangat penting menghafal formula itu. 

Sebelum membahas daftar formula lengkap chord-chord major, minor dan dominant, kita wajib tahu terlebih dahulu jumlah total nada atau biasa disebut tangga nada kromatik, nada totalnya berjumlah 12, rinciannya perhatikan dibawah ini;

Tangga Nada (Scale) Kromatik

1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
C
C#
D
D#
E
F
F#
G
G#
A
A#
B

Db

Eb


Gb

Ab

Bb



Itulah sebabnya ada beberapa pakar musik yang berkata,”sebenarnya didalam musik itu, tugasnya kita cuma mengolah 12 nada kromatik, diolah sebaik dan sebagus mungkin, tidak ada lagi yang lain…”. ya memang betul adanya, karena permainan musik apapun pasti cuma berputar di 12 nada kromatik (*apa sih kromatik? artinya kumpulan nada-nada yang berjarak setengah, kalau di gitar dan bass, jarak setengah nada itu = 1 fret).. ada lagi yang tanya,”om itu apa maksudnya C# kok dibawahnya ada Db?” jawab: itu namanya nada enharmonik, apa itu? satu nada tapi punya dua nama, jadi nama lain dari C# itu ya Db, ingat tanda # (kruis) dibaca ‘is’ artinya naik setengah, contoh: C# dibaca Cis, D# dibaca Dis, dan seterusnya… untuk tanda b (mol) dibaca ‘es’ artinya turun setengah, contoh: Bb dibaca Bes, Gb dibaca Ges, dan seterusnya… paham kan? 

( BERSAMBUNG KE ARTIKEL Belajar Kunci Gitar Untuk Pemula - Chord Mayor, Minor & Dominant - Lengkap Dengan Gambar + Video (BAGIAN 2) )

(Words/Lesson By Dani Mkd @Reyal Musik)




*harap dan mohon untuk selalu sertakan sumber arsip/artikel jika ingin copy-paste, etika dalam berbagi adalah modal dasar moralitas yang kreatif, jujur, beruntung dan cerdas.

6 comments:

  1. Salam kenal, jika dizinkan saya ingin berbagi link buat yg ingin memperdalam gitar secara lengkap dan mengunduh materi untuk pemula, blues, jazz dlm bhs Indonesia silahkan kunjungi www.gitarzoom.blogspot.com
    terimakasih om...

    ReplyDelete
  2. sangat berguna..makasih

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...