Belajar Melodi Satu Chord Multi Scales Untuk Gitar, Piano Keyboard, Bass

belajar melodi gitar iringan satu chord banyak scale (tangga nada) tutorial mudah dan cerdas untuk pemula


Cara Bermain Melodi Satu Chord Multi Scales (Banyak Scale / Tangga Nada)


Cara bermain melodi dengan multi scales yang berjalan diatas satu chord / kunci sebenarnya masuk dalam salah satu pendekatan improvisasi.

Jadi sederhananya teknik improvisasi melodi itu memungkinkan kita untuk bisa mengembangkan permainan melodi baik di gitar, piano keyboard, bass, biola, dan lain-lain dengan cara memanfaatkan harmonisasi multiple scales alias tangga nada yang banyak dengan hanya iringan satu chord saja.


Tips Tutorial Bermain Melodi Yang Keren Cerdas


Contoh : dominant scale, pentatonic scale, blues scale, bebop scale, diminished scale, chromatic scale, dan lain-lain.. semua scale ini bisa dimainkan dengan hanya iringan satu chord yakni C7 atau bahkan chord yang lebih sederhana lagi yakni C5.

Dan luar biasanya, masing-masing scale yang dimainkan memberi suasana (sugesti) yang berbeda-beda, ada karakter, warna dan feel yang berbeda, sekalipun semua scale tersebut cuma berjalan diatas satu chord.


Latihan Membuat Melodi Yang Berjalan Diatas Satu Chord  


Memang untuk meramu semua scale itu untuk bisa dimainkan diatas satu chord membutuhkan kecerdasan dalam pengolahannya, tentu tidak seringan yang dibayangkan, juga tidak serumit yang diperkirakan. 

Jadi cobalah untuk berani melakukan eksperimen-eksperimen nada maupun teknik, barangkali dalam petualangan-petualangan ini, kita bisa menemukan banyak hal-hal yang unik dan spesial, dan tentunya akan meningkatkan atau meng-upgrade musikalitas kita.

Apabila kita mampu cerdas bermain seperti ini dengan melakukan banyak kombinasi scale / tangga nada maka permainan kita akan terdengar jauh lebih variatif, fresh, unik, cerdas, artistik bahkan inovatif, apalagi ditambah dengan menggunakan progresi chord yang banyak, tentu cara ini akan sangat menguatkan musikalitas kita, selamat dicoba..




( Words / Lesson by Dani MKD @ReyalMusik )




Reyal Musik

Reyal Musik adalah studio rekaman, kursus musik, jasa aransemen musik dan jasa pembuatan lagu terbaik dan profesional dengan biaya terjangkau, small price but BIG quality !

VISIT OUR OFFICIAL SITES :

www.studioreyalmusik.com

www.reyalmusik.com

Posting Komentar

silahkan ketik pertanyaan anda jika ingin bertanya atau butuh penjelasan lebih lanjut mengenai postingan artikel ini, admin akan segera merespon dan memberikan jawaban secepatnya, dan mohon untuk tidak spamming di kotak komentar, beriklan atau bertanya diluar topik (out of topic) karena admin akan menghapus hal-hal demikian, terimakasih dan semoga artikel ini bermanfaat untuk anda

Lebih baru Lebih lama