Ngulik Lagu-Lagu Indonesia ini Bisa Bikin Jago Main Gitar / Piano / Bass

Lagu-Lagu Terbaik & Berkualitas Indonesia


Pemain musik yang cerdas & keren tentu butuh lagu / musik yang jenius untuk referensi belajar, memang referensi terbaik secara musikalitas adalah musik atau lagu-lagu dari luar (barat), karena semua musik modern berangkat dari sana, namun negeri ini juga punya musisi-musisi yang cukup mumpuni untuk bisa dijadikan referensi, diantara lagu-lagu indonesia yang pantas dijadikan referensi belajar ada dibawah ini, pemilihan lagu-lagu dibawah ini bukan cuma berlandaskan pada kualitas musik, lagu atau aransemennya, juga bukan hanya terpaku pada level kerumitan / kesulitan aransemen musiknya, tapi juga tingkat kepopulerannya, jadi selain memang karya yang bagus juga populer di tengah-tengah masyarakat... 
 

Kosong by DEWA 19

Pergerakan chord lagu ini sangat bagus, progresinya sering modulasi (pindah nada dasar) serta penggunaan jenis chordnya banyak mulai dari mayor, minor, dim (diminished), dominant7, m7, dan lain-lain, sangat bagus untuk dianalisa. 



Negeri Di Awan by KATON BAGASKARA
 

Lagu ini condong ke gaya musik klasik, progresi chordnya bagus sekali, bagian verse lagu diawali dengan progresi mayor lalu di bagian chorus (reff) diubah ke progresi minor yang pada hakikatnya modulasi (naik 1 setengah nada dasarnya) lalu di bagian reff mengalami banyak modulasi lagi. Smart !


Arti Kehidupan by MUS MUJIONO
 

Lagu ini cenderung bernuansa pop yang agak jazzy (smooth), pengaruh atau influence nya george benson terdengar jelas di lagu ini, progresi chord nya adalah khas basic jazz, dengan perpaduan chord 7, m7, may7, dim (m7b5), dan lain-lain.. progresi yang cool banget, di bagian lead gitar ada teknik scat singing (suara vokal mengikuti melodi gitar). Lagu ini recommended buat yang suka genre agak pop jazzy.


Panggung Sandiwara by GOD BLESS
 

Lagu slow rock yang sangat legend dari band legendaris rock indonesia GODBLESS !!! dengan nada lagu yang catchy namun memiliki kualitas progresi chord yang wow.. cukup unik karena di bagian awal reff ada chord may7 yang tidak umum digunakan di genre slow rock, tapi kerennya justru chord itu yang menjadi salah satu ciri khas lagu ini.. rocker cerdas ! yeahhhh !!!


Dealova by ONCE
 

Lagu ini berkarakter pop ballad dengan sentuhan classical music, dibawakan dengan apik oleh sang penyanyi, lagu ini memiliki progresi chord yang cantik dan cerdas dengan nuansa unik di beat drum yang agak soul / bluesy namun dalam balutan string orchestra beraroma musik pop klasik, juga ada sedikit suasana rock. Lagu yang juga memiliki kedalaman lirik luar biasa.


Sadis by AFGHAN
 

Lagu ini ini memang memiliki syair yang agak 'cadas' :D, tapi secara umum aransemen maupun penerapan progresi chordnya sangat baik dan padat untuk ukuran pop, karakter lagu 'old school' dengan pembawaan khas suara penyanyinya yang apik dan enak didengar. 


Dimana Aku Disini by NAIF

lagu ini bernuansa 60an dan 70an dengan karakter yang natural. progresi chordnya cukup menarik dengan konsep walking bass diimbangi bunyi petikan dan lead gitarnya yang cukup nge fill-in sekaligus nge-feel, juga sound drum yang alami dan 'live' banget, dan diujungtombaki oleh vokalis yang 'ngena' membawakannya, secara umum lagu ini baik dan menarik.



Seperti Kekasihku by PADI

lagu ini memang secara umum tidak terlalu banyak menggunakan chord-chord yang rumit, juga tidak menggunakan banyak chord, tapi yang unik adalah penerapannya / penggunaanya, lagu ini menggunakan progresi dasar jazz, seperti m7, 7 dan M7 padahal lagunya pop rock, cukup unik lagi di bagian lead guitar, aransemennya menjadi bossa. lagu ini semacam perpaduan pop, rock, alternative dan bossa.



Kirana by DEWA 19

lagu ini memiliki pergerakan chord yang baik dan cerdas, ada nuansa british pop rock alternative untuk aransemennya. Progresi chordnya sangat dinamis. Lagu ini bahkan sampai detik masih enak didengar.




* Sebenarnya masih banyak lagu-lagu bagus, populer & cerdas karya musisi-musisi indonesia lainnya, untuk Artikel kali ini, bahasannya dicukupkan sebanyak 9 lagu saja, lain kali akan dibahas lagu-lagu berkualitas lainnya... 


sampai jumpa di artikel berikutnya



( By. Dani MKD @ReyalMusik )



Reyal Musik

Reyal Musik adalah studio rekaman, kursus musik, jasa aransemen musik dan jasa pembuatan lagu terbaik dan profesional dengan biaya terjangkau, small price but BIG quality !

VISIT OUR OFFICIAL SITES :

www.studioreyalmusik.com

www.reyalmusik.com

Posting Komentar

silahkan ketik pertanyaan anda jika ingin bertanya atau butuh penjelasan lebih lanjut mengenai postingan artikel ini, admin akan segera merespon dan memberikan jawaban secepatnya, dan mohon untuk tidak spamming di kotak komentar, beriklan atau bertanya diluar topik (out of topic) karena admin akan menghapus hal-hal demikian, terimakasih dan semoga artikel ini bermanfaat untuk anda

Lebih baru Lebih lama