Belajar Melodi Gitar Lengkap Yang Mudah Untuk Pemula Dan Menengah

belajar melodi gitar mudah, lengkap, detail untuk pemula dan menengah, tutorial teknik cara bermain


Cara Bermain Melodi Gitar Yang Mudah, Lengkap, Detail


Belajar melodi gitar merupakan salah satu pelajaran gitar yang paling disukai oleh para pemain gitar di berbagai level, baik pemula (beginner), menengah (intermediate) dan master (advance).

Bermain melodi gitar sebenarnya adalah memainkan lagu dalam versi instrumental, sama seperti orang bernyanyi, ciri-cirinya adalah kumpulan nada-nada tunggal yang disusun dan dimainkan serta memiliki suatu ide / gagasan musikal

Melodi gitar juga merupakan unsur musik yang paling mudah diingat oleh penikmat musik, mudah dicerna, dihafal dan dibawakan ulang. Karena faktor inilah banyak yang mengatakan bahwa permainan melodi itu seperti ujung tombak dalam satu kesebelasan sepakbola, sangat menonjol dari persepktif bunyi diantara unsur-unsur musik lainnya. 


Jenis / Tipe Teknik Bermain Melodi Gitar


Bermain melodi gitar itu sebenarnya terbagi menjadi 3 tipe permainan ; 

  1. Bermain melodi gitar versi scale / mode (melodi murni / tangga nada).
  2. Bermain melodi gitar versi chording (menggunakan chord tones).
  3. Bermain melodi gitar versi passing

Teknik Bermain Melodi Gitar Dengan Scale (Tangga Nada)


Bermain melodi gitar dengan scale (tangga nada) atau mode (tangga nada yang terbentuk dari variasi interval scale) adalah tipe permainan yang normal atau umum, tipe permainan ini pasti dimainkan karena hakikatnya permainan melodi ini berangkat dari tangga nada. Untuk lebih rinci lagi silahkan simak video tutorialnya dibawah.


Teknik Bermain Melodi Gitar Dengan Chording (Chordal)


Bermain melodi gitar dengan chording (kunci) dengan memanfaatkan chord tones nya (nada-nada pembentuk chord) adalah tipikal permainan melodi yang 'naik kelas', tentu ini lebih menarik dan lebih sulit. 

Biasanya istilah musik tipe permainan melodi seperti ini disebut bermain struktural atau vertikal sedangkan permainan yang berasaskan scale disebut bermain linear atau horizontal. Untuk lebih lengkap lagi mengenai penjelasan chording silahkan simak video tutorialnya dibawah.


Teknik Bermain Melodi Gitar Dengan Passing Dan Kromatik


Bermain melodi gitar dengan teknik passing adalah tipikal permainan melodi gitar yang memanfaatkan nada-nada outside (diluar dari scale yang dimainkan), secara basic, nada-nada ini adalah nada-nada fals (sumbang) namun jika bisa memanfaatkannya secara kreatif maka akan memunculkan permainan yang indah dalam permainan melodi gitar.

Teknik passing memanfaatkan nada-nada kromatik dan merupakan penentu kreatifnya sisi musikalitas dari seorang gitaris, seorang pemain gitar yang cerdas pasti pintar menggunakan nada-nada kromatik, untuk lebih jelasnya mengenai teknik passing melodi silahkan simak video tutorialnya dibawah.

Gitaris yang keren dan hebat biasanya mampu mengkombinasikan tiga tipe permainan diatas dengan baik dan tepat.


Video Tutorial Belajar Melodi Gitar Lengkap & Mudah Untuk Pemula / Menengah


Video tutorial melodi gitar dibawah ini adalah belajar melodi gitar tuntas dan lengkap (berlaku untuk gitar akustik maupun gitar elektrik), sangat penting dan wajib ditonton terutama untuk para pemula, juga untuk yang menengah. 

Lalu diikuti oleh 2 Video contoh permainan melodi gitar akustik yang mencoba mengkombinasikan tiga tipe permainan melodi berasaskan scalechording dan passing serta dimainkan dengan 2 pendekatan teknik fingerstyle gitar (memetik menggunakan jari) dan pickingstyle (memetik menggunakan pick gitar)

Dimainkan sesederhana mungkin dan sangat cocok menjadi bahan belajar untuk para pemula, mudah dicerna, mudah diikuti, berirama santai serta bernuansa pop meskipun progresi chord nya sedikit beraroma jazzy. Selamat menyimak dan selamat berlatih. 


Belajar Melodi Gitar Lengkap Untuk Pemula / Menengah




Contoh Permainan Melodi Gitar Akustik Untuk Pemula / Menengah





 


( Words & Lesson by Dani MKD @ReyalMusik )




Reyal Musik

Reyal Musik adalah studio rekaman, kursus musik, jasa aransemen musik dan jasa pembuatan lagu terbaik dan profesional dengan biaya terjangkau, small price but BIG quality !

VISIT OUR OFFICIAL SITES :

www.studioreyalmusik.com

www.reyalmusik.com

Posting Komentar

silahkan ketik pertanyaan anda jika ingin bertanya atau butuh penjelasan lebih lanjut mengenai postingan artikel ini, admin akan segera merespon dan memberikan jawaban secepatnya, dan mohon untuk tidak spamming di kotak komentar, beriklan atau bertanya diluar topik (out of topic) karena admin akan menghapus hal-hal demikian, terimakasih dan semoga artikel ini bermanfaat untuk anda

Lebih baru Lebih lama