Belajar Kunci Gitar Chord Jazz Dasar Dan Teknik Improvisasi Melodi

Cara Bermain Kunci/Chord Gitar Jazz Dasar Dan Improvisasi Melodi


Mungkin diantara kita atau sebagian dari kita banyak yang menyangka bahwa genre atau musik
jazz itu adalah jenis musik yang amat rumit, susah dimengerti, susah dimainkan, sulit dipelajari, dan sebab-sebab sejenis itu...


belajar kunci gitar chord dasar jazz dan teknik bermain improvisasi melodi jazz


Apakah Jazz Termasuk Aliran Musik Yang Tidak Mudah Dikuasai?


Memang betul, musik jazz adalah genre yang sangat kompleks, complicated dan penuh inovasi.. tentu butuh waktu bertahun-tahun lamanya bagi seseorang untuk benar-benar bisa memainkannya secara sempurna (*termasuk saya juga yang masih terus belajar, belajar dan belajar).

Saya sendiri tidak bergenre jazz, bukan pemain jazz murni, karena saya cenderung multi genre artinya tidak terikat di salah satu aliran musik, saya suka semua musik termasuk salah satunya jazz, meskipun saya tidak mendalaminya secara mendalam, hanya mengambil beberapa intisarinya saja, karena dalam musik saya menganut konsep generalis alias non spesialis.

Saya suka macam-macam warna, karakter dan gaya, ini yang menyebabkan saya gak betah lama-lama di satu aliran musik saja, saya lebih suka yang kombinatif, campuran atau mixed music).


Asal Mula Musik Jazz (Akar Musik Jazz)


Jazz adalah genre yang lahir dari perpaduan 2 akar musik yakni Blues dan Klasik, secara umum lebih terpengaruh blues, secara pola banyak juga mengambil dari komposisi-komposisi musik klasik.

Musik jazz identik dengan musiknya orang kulit hitam (blackman music), persis seperti blues, berangkat dari eksplorasi dan improvisasi yang tidak terlalu terikat aturan-aturan atau teori-teori baku musikal seperti yang diterapkan di musik klasik

Dari sebab inilah jazz berkembang menjadi lebih inovatif, variatif dan progresif


Belajar Gitar Jazz Teknik Improvisasi Melodi Dan Chord Adalah Tantangan Besar Setiap Musisi


Salah satu kerumitan yang ada di genre jazz adalah penggunaan chording (permainan chord) yang bertingkat-tingkat, mulai dari yang kunci-kunci atau chord-chord yang enteng hingga yang berat secara harmonik. Selain chord, jazz juga banyak mengadopsi macam-macam scale (tangga nada), juga meggunakan pola ritmik (ritem / irama / ritme) yang sering tak lazim.

Dan yang paling menjadi ciri khasnya adalah kebebasan berimprovisasi (bermain spontan dan langsung tanpa latihan)

Jazz memang sulit, tapi sesulit-sulitnya apapun kita tetap akan bisa memainkannya jika mau terus berlatih super keras, tekun dan selalu memperbanyak wawasan musik.

Video Tutorial Belajar Kunci/Chord Jazz Dasar Untuk Pemula Dan Contoh Teknik Improvisasi Melodi


Video berikut ini adalah video belajar gitar akustik jazz dasar, yakni menggunakan progresi chord dasar jazz yang umum dimainkan, video ini cocok untuk para pemula yang ingin tahu cara bermain iringan gitar jazz dasar.

Mungkin yang masih baru sekali dalam dunia jazz akan sedikit kaget dengan adanya chord-chord semacam Cmaj13, Cmaj9, Cmaj7, G+ (aug), dim, m6, m7, 7, slash chords, dan lain-lain.. selamat menyimak dan semoga bermanfaat...




 
( Words & Lesson by Dani MKD @ReyalMusik )



Reyal Musik

Reyal Musik adalah studio rekaman, kursus musik, jasa aransemen musik dan jasa pembuatan lagu terbaik dan profesional dengan biaya terjangkau, small price but BIG quality !

VISIT OUR OFFICIAL SITES :

www.studioreyalmusik.com

www.reyalmusik.com

Posting Komentar

silahkan ketik pertanyaan anda jika ingin bertanya atau butuh penjelasan lebih lanjut mengenai postingan artikel ini, admin akan segera merespon dan memberikan jawaban secepatnya, dan mohon untuk tidak spamming di kotak komentar, beriklan atau bertanya diluar topik (out of topic) karena admin akan menghapus hal-hal demikian, terimakasih dan semoga artikel ini bermanfaat untuk anda

Lebih baru Lebih lama