Belajar Melodi Piano Keyboard - Cara Bikin Suara 1 2 3

Belajar Membuat Suara 1 2 3 Piano Keyboard
Belajar Melodi Piano - Harmoni Scale Suara 1 2 3 Dengan Mode Ionian, Phrygian, Mixolydian  




Video tutorial piano berikut ini berisikan latihan dasar piano untuk melatih cara menggabungkan atau mengharmonikan suara 1, 2 dan 3 dalam permainan melodi piano, Ini juga merupakan rumus / teori yang bisa dijadikan pegangan dalam bermain melodi piano. Kita semua tahu bahwa major scale itu terdiri dari 7 mode (*mode adalah tangga nada yang hanya merupakan variasi urutan dari scale induknya, jadi bukan merubah nada-nada yang ada di scalenya tapi hanya merubah urutannya, secara otomatis tiap mode memiliki interval yang berbeda-beda, inilah yang menghadirkan karakteristik masing-masing).

Mode ini memberikan warna dan karakter tersendiri dalam suatu tangga nada (scale), sehingga jika kita mampu apik menerapkannya maka kita bisa menyuguhkan suatu permainan nada yang baik, harmonik, melodik dan indah

Video berikut ini memberikan contoh cara menyatukan 3 mode paling menyatu yakni ionian, phrygian dan mixolydian. Mengapa 3 mode ini sangat menyatu dibanding mode-mode yang lain seperti dorian, lydian, aeolian atau locrian??? karena sesuai hakikat ilmu harmoni bahwa nada pertama, ketiga dan kelima dari tangga nada mayor (major scale) atau biasa disebut dengan angka 1 3 5 merupakan nada-nada yang paling kompak (harmonis) jika disuarakan serentak, yaa memang sudah takdirnya begitu :) … contoh sederhana : coba kamu simak chord tones nya kunci C mayor, 1 3 5 kan ? semua kunci mayor memiliki rumus 1 3 5 yang diambil dari tangga nada mayor nya, coba kamu bunyikan serentak, kompak banget kan bunyinya, setelah itu coba kamu mainkan satu-satu nada 1 3 5 kemudian teman di sebelahmu memainkan nada 3 5 1 dan disebelahnya lagi memainkan nada 5 1 3, mainkan secara bersamaan, waw bunyinya pasti harmonis, itulah gambaran bermain harmoni scale dengan memanfaatkan mode-modenya ... selamat berlatih dan semoga bermanfaat…





( Words & Lesson by Dani Mkd @ReyalMusik ) 

Belajar Piano Klasik Pop Gampang, Mudah & Praktis Untuk Pemula (Air - S. Bach)

Cara Mudah Cepat Belajar Piano Keyboard Untuk Pemula
Belajar Piano Klasik Pop Gampang, Mudah & Praktis Untuk Pemula (Air - S. Bach)  




Video tutorial piano berikut ini adalah contoh dan cara memainkan salah satu karya musikal terbaik sepanjang masa, yang juga merupakan salah satu penggalan komposisi musik klasik yang sangat terkenal serta sangat pula mempengaruhi awal mula kelahiran musik pop, bahkan banyak sekali musik-musik pop dari era kira-kira 40an sampai sekarang 'menyontek' progresi chord dari komposisi ‘masterpiece’ klasik ini yakni ‘Air’ karya komponis besar Johann Sebastian Bach.

Potongan komposisi 'masterpiece' ini memiliki pergerakan progresi chord yang perpindahan antar chordnya sangat smooth dan banyak berjarak setengah-setengah nada serta menerapkan banyak penggunaan slash chord sehingga memiliki kesan atau sugesti seolah-olah komposisi ini sedang 'bercerita' atau 'berkisah'. Inilah sebab warna dan karakter melodinya sangat 'mengayun' dan menyentuh karena begitu variatif dan dinamisnya running chords yang berjalan mengiringi melodi apiknya. 

Latihan piano klasik ini sangat baik untuk melatih pergerakan jari-jari tangan kiri serta melatih pula kepekaan rasa melodik di tangan kanan. Untuk para pemula, komposisi ini adalah latihan yang sangat baik dan bagus untuk membentuk karakter feel / soul yang kuat bersamaan pula dengan memahami pergerakan-pergerakan progresi melodi maupun chordnya. Karya yang indah dan jenius tapi mudah dimainkan.
 
Komposisi ini memang memiliki tempo yang lambat sehingga mudah untuk diikuti, namun kualitas pergerakan progresi chordnya sangatlah jenius dan melodinya sungguh merupakan karya nada yang luar biasa, video belajar piano berikut ini berisikan contoh permainan pianonya. Yang saya mainkan hanya part awalnya saja (*karena merupakan part yang paling populer), sangat cocok dikulik dan dipelajari khususnya bagi para pemula… selamat berlatih dan semoga bermanfaat…



( Words & Lesson by Dani Mkd @ReyalMusik ) 

Belajar Kunci Piano Keyboard 12 Chord Dominant C7 C#7 D7 D#7 E7 F7 F#7 G7 G#7 A7 A#7 B7 LENGKAP !

Belajar Piano Dasar Kunci 7
Belajar Kunci Piano Keyboard 12 Chord Dominant 7th : C7, C#7 (Db7), D7, D#7 (Eb7), E7, F7, F#7 (Gb7), G7, G#7 (Ab7), A7, A#7 (Bb7), B7 ... LENGKAP !

Berikut ini adalah video tutorial piano dan keyboard yang berisikan pengenalan dasar chord / kunci yang paling fenomenal didalam ilmu musik yakni DOMINANT SEVENTH atau biasa disebut chord 7, mengapa kunci ini disebut fenomenal ? ... karena dari chord / kunci inilah lahir segala macam genre-genre musik yang atraktif, edukatif, inovatif, progresif, keren, asyik, enak, cerdas, jenius dan rumit, diantaranya Blues, Jazz, RnB, Rock & Roll, Rock, Funk, Fusion, Country, Dan lain-lain. Ada yang bilang chord 7 ini merupakan kunci ajaib karena bisa berjalan di banyak permainan scale melodi, sementara chord-chord lainnya memiliki fungsi permainan terbatas. Chord 7 ini sangat fleksibel, luwes dan ekspresif serta memiliki warna bunyi yang padat dan kaya.

Kita semua tahu didalam musik Blues dan Jazz, kunci ini adalah kunci pokok atau chord paling utama, sebaliknya di dunia Musik Pop, chord ini biasanya hanya berfungsi sebagai bridge chords (kunci penghubung) yang umumnya dimainkan oleh chord tingkat 5 dari progresi chord yang sedang berjalan, contoh misalnya ada lagu pop yang memiliki progresi chord berikut ini; C Am F G, biasanya kunci yang terakhir dirubah menjadi chord dominant 7 : C Am F G7, ini kurang lebihnya penggunaan umum di dunia musik pop, hanya digunakan sebatas bridge, sekedar memperindah perpindahan chord di bagian akhir progresi. Tentu hal seperti ini berbeda penerapannya jika yang dimainkan adalah musik blues, jazz atau sejenisnya.

Berhubung chord atau kunci dominant 7 ini merupakan chord yang amat menentukan musikalitas kita maka para pemula harus berusaha keras untuk bisa memahami dan memainkannya secara baik, bagus dan benar… silahkan tonton “Belajar Kunci Piano Keyboard 12 Chord Dominant7 C7 C#7 D7 D#7 E7 F7 F#7 G7 G#7 A7 A#7 B7 LENGKAP !“



( Words & Lesson by Dani Mkd @ReyalMusik ) 

Belajar Kunci Piano Keyboard 12 Chord Minor Cm C#m Dm D#m Em Fm F#m Gm G#m Am A#m Bm LENGKAP !

cara mudah cepat praktis belajar piano keyboard untuk pemula
Belajar Kunci Piano Keyboard 12 Chord Minor Cm C#m Dm D#m Em Fm F#m Gm G#m Am A#m Bm LENGKAP !

 
Setelah di artikel sebelumnya pembahasan adalah tentang kunci-kunci mayor piano atau keyboard maka pada artikel kali ini akan dibahas pula jenis chord utama lainnya yakni 12 kunci / chord minor pada piano / keyboard.

Pada hakikatnya, chord atau kunci minor merupakan chord paralel atau relatif dari chord mayor dan juga merupakan chord tingkat ke 6 dalam chord scale pada major family chord. Jadi hubungan kunci mayor dan minor ini sangat erat dan saling membutuhkan terutama dalam progresi lagu atau musik apapun pasti terdapat 2 jenis chord ini.

Belajar Kunci Dasar Piano Keyboard

Video belajar piano atau video tutorial piano berikut ini akan menjelaskan secara lengkap 12 kunci minor pada piano / keyboard, juga bagaimana cara mudah, cepat, praktis cara bermainnya dengan pendekatan 2 chord fingering yakni conservative chord fingering (penjarian umum) dan alternative chord fingering (penjarian alternatif).

Ingat ! kunci mayor dan minor merupakan 2 chord paling pokok dan utama dalam permainan piano. karena itulah kita harus benar-benar bisa mengetahui dan mempelajari teknik dasar bermain kunci / chord piano yang baik dan benar, video belajar piano berikut ini akan memaparkannya, video tutorial piano ini juga merupakan cara mudah, cepat dan praktis bermain dasar piano / keyboard. Bagi pemula, video ini adalah tontonan WAJIB ! selamat menyimak dan semoga bermanfaat.





Silahkan baca juga artikel Belajar Kunci Piano Keyboard 12 Chord Mayor C C# D D# E F F# G G# A A# B LENGKAP !


( Words & Lesson by Dani Mkd @ReyalMusik ) 
 

Belajar Kunci Piano Keyboard 12 Chord Mayor C C# D D# E F F# G G# A A# B LENGKAP !

Belajar Piano, Cara Mudah Cepat Praktis Belajar Dasar Bermain Piano
Belajar Kunci Piano Keyboard 12 Chord Mayor C, C# (Db), D, D# (Eb), E, F, F# (Gb), G, G# (Ab), A, A# (Bb), B ... LENGKAP !
   

Pelajaran paling penting didalam permainan instrument (alat musik) terutama alat musik bernada seperti piano, keyboard, gitar, bass, dan lain-lain adalah memahami dan bisa memainkan secara baik permainan chord atau kunci. Ini juga berlaku dalam permainan alat musik piano maupun keyboard

Bermain chord / kunci pada piano / keyboard membutuhkan cara yang baik dan benar secara teknis, terutama dalam hal chord fingering yakni penggunaan jari-jari tangan kanan maupun kiri dalam menekan tuts piano untuk membunyikan chord / kunci

Belajar Kunci Dasar Piano Keyboard


Chord atau kunci adalah gabungan beberapa nada yang jika disuarakan serentak akan terdengar harmonis. Jenis chord itu banyak sekali, video belajar kunci / chord piano dibawah ini akan menjabarkan lengkap 12 kunci mayor yakni C, C# (Db), D, D# (Eb), E, F, F# (Gb), G, G# (Ab), A, A# (Bb), B. Juga disertakan 2 jenis pilihan penjarian (chord fingering), 2 jenis penjarian yang dijelaskan di video ini ; 

1. Conservative Chord Fingering (Penjarian Umum).
2. Alternative Chord Fingering (Penjarian Alternatif). 

Salah dalam penggunaan jari bisa membuat perkembangan permainan teknik piano kita menjadi terhambat, karena itulah kita harus betul-betul bisa mengenal teknik dasar bermain kunci / chord piano yang baik dan benar, video belajar piano berikut ini akan menjabarkannya, video tutorial piano ini juga merupakan cara mudah, cepat dan praktis bermain dasar piano / keyboard. Bagi pemula, video ini adalah tontonan WAJIB ! selamat menyimak dan semoga bermanfaat.





Silahkan baca juga artikel Belajar Kunci Piano Keyboard 12 Chord Minor Cm C#m Dm D#m Em Fm F#m Gm G#m Am A#m Bm LENGKAP !


( Words & Lesson by Dani Mkd @ReyalMusik ) 

Belajar Gitar Funk Fingerstyle Strumming - Teknik Dasar Ritem Slap

Belajar Gitar Slap Funk
Belajar Gitar Funk Fingerstyle Strumming - Teknik Dasar Ritem Slap

 


Teknik gitar funk atau funky guitar merupakan teknik yang sangat menarik di gitar, karena dalam permainan ritem tipe ini, unsur nada dan ritmik (perkusi) bisa menyatu dengan baik.

Teknik funk fingerstyle pada gitar akustik biasanya mengkombinasikan beberapa teknik-teknik yang ada di gitar seperti hammer on, pull off, sliding, bending, open string, slapping, popping, skipping, dead notes playing, dan sebagainya.

Teknik ini bisa dimainkan dengan pas dan fleksibel baik di gitar akustik maupun gitar elektrik, ada baiknya sebelum mempelajari teknik ini, kita harus mengetahui terlebih dahulu progresi chord serta scale yang biasa digunakan dalam jenis permainan gitar funk, umumnya permainan gitar funk itu pada intinya adalah permainan blues ala perkusif, yang dimainkan dengan tempo yang cepat dan enerjik, chord yang digunakan sama seperti blues progression, begitupun scale yang digunakan yakni blues scale, pentatonic scale, dan lain-lain. 

Permainan gitar funk atau funky guitar ini juga menjadi semacam alat ukur bahwa para pemainnya adalah pemain gitar yang serba bisa karena mampu menggabungkan 2 tipe permainan didalam dunia musik yakni permainan alat-alat musik tonal (bernada) dan alat-alat musik perkusi (pukul).

Untuk lebih jelas mengenai teknik dasar dan cara mudah, cepat, praktis, gampang bermain teknik ini, silahkan simak video berikut ini. Semoga bermanfaat. 




Belajar Gitar Funk (Funky) Fingerstyle
Belajar Gitar Perkusif
Teknik Dasar Slap Gitar

( Words & Lesson by Dani Mkd @ReyalMusik )


Belajar Gitar Ritem Block Triplet Pedal Picking - Teknik Dasar

Belajar Picking Gitar Dan Teknik Dasar Picking
Belajar Gitar Ritem Block Triplet Pedal Picking - Teknik Dasar Bermain Gitar Cepat (Speed)




Teknik ritem block triplet pedal picking ini termasuk teknik yang cepat dan menarik, memiliki irama yang bernuansa triplet (3x bunyi dalam satu ketuk), teknik ini sangat cocok untuk tipe permainan petikan gitar yang cepat dan bersifat blocking, memiliki karakter bunyi yang flat.

Teknik ini menjadi menarik karena mengadopsi kombinasi berbagai teknik gitar diantaranya teknik pivot (pedal point), palm muting, open string playing, string skipping, chord 5 (power chord), chord 8 (octave chord), dan lain-lain.

Teknik ini biasanya banyak dimainkan di genre-genre rock, klasik, metal, dan lain-lain. Teknik triplet pedal picking ini juga bisa dimainkan di gitar akustik maupun gitar elektrik.

Selain permainan ritem gitar, teknik ini juga bisa diaplikasikan dalam permainan melodi gitar, bahkan banyak sekali melodi-melodi gitar yang terdengar cepat dan keren menggunakan teknik triplet picking ini, jika kita bisa dengan cerdas mengkombinasikan teknik ini dengan teknik-teknik picking gitar lainnya maka kita akan sanggup menghadirkan tipe permainan gitar yang kayak teknik, dan pastinya memukau... 

Untuk lebih jelasnya mengenai teknik gitar ini silahkan simak video berikut ini yang menjabarkan cara mudah, cepat, praktis, gampang bermain teknik gitar block triplet pedal picking. Semoga bermanfaat.




Belajar Teknik Picking Gitar Triplet Pedal
Belajar Petikan Gitar Cepat (Speed)
Belajar Gitar Akustik Cepat (Speed)
Belajar Gitar Rock, Klasik, Metal


 
( Words & Lesson by Dani Mkd @ReyalMusik )

Belajar Genjrengan Gitar Country Strumming Fingerstyle / Pickingstyle

Belajar Genjrengan Kocokan Gitar
Belajar Kocokan / Genjrengan Gitar Country Strumming Fingerstyle / Pickingstyle - Teknik Dasar Ritem

 

Musik country adalah salah satu genre yang banyak sekali mempengaruhi musik-musik populer yang ada saat ini diantara yang dipengaruhinya adalah pop, ballad, folk, rock, metal, dan lain-lain...

Teknik strumming / genjrengan gitar country sangat bagus sekali dijadikan bahan latihan untuk melatih ketangkasan dan kecepatan tangan, baik tangan kanan yang memainkan peran fingerstyle / pickingstyle maupun tangan kiri yang berperan sebagai tangan fretting. Cara menggenjreng / mengocok / memetik gitar country punya ciri, cara dan warna tersendiri.

Dampak dari latihan ini bisa membuat koordinasi tangan kanan dan kiri menjadi lebih teratur, lebih cepat, lebih presisi dan atraktif. Genre country bukan cuma melahirkan genre slow seperti pop ballad namun justru banyak sekali mempengaruhi musik-musik yang bergenre speed (cepat), karena musik country memiliki 2 karakter unik yakni bisa dimainkan dengan tempo yang lamban (santai) juga bisa dimainkan dalam tempo yang sangat cepat (seperti bluegrass).

Video berikut ini akan sedikit memberi contoh tentang teknik dasar strumming gitar country / kocokan gitar country / genjrengan gitar country baik dimainkan dengan teknik fingerstyle maupun pickingstyle, selamat menikmati dan semoga bermanfaat. 





Belajar Genjrengan Gitar Country
Belajar Kocokan Gitar Country
Belajar Strumming Gitar Country
Belajar Ritem Gitar Country
Belajar Petikan Gitar Country


( Words & Lesson by Dani Mkd @ReyalMusik )

Belajar Genjrengan Gitar Flamenco Strumming - Teknik Kocokan Dasar Akustik

Belajar Gitar Akustik Fingerstyle Flamenco
Belajar Genjrengan Gitar Akustik Flamenco Strumming - Teknik Kocokan Dasar Ritem

 


Teknik genjrengan / strumming / cara menggenjreng / cara mengocok gitar akustik flamenco adalah salah satu teknik kocokan gitar yang sangat menarik dan sangat menghibur pula. Teknik genjrengan gitar flamenco memang tidak terlalu mudah namun juga tidak terlalu sulit, sesuai kaidah ilmu bahwa apapun ilmu yang dipelajari akan terasa mudah jika terus mempelajarinya secara konsisten, tekun dan sabar.

Teknik strumming / genjrengan gitar ritem flamenco memiliki irama yang padat dan sangat akustikal serta tentunya memiliki banyak bunyi perkusif, karena memang musik flamenco itu banyak dijadikan musik pengiring untuk gerakan-gerakan tari / dance, jadi amat wajar jika permainan gitar ini rasanya seperti gabungan antara alat musik gitar dengan alat musik perkusi (alat musik pukul) yang direpresentasikan oleh satu instrument saja yakni gitar akustik.

Teknik genjrengan / kocokan gitar flamenco, memiliki banyak pola ritem, di video kali ini saya coba membawakan pola ritem flamenco triplet rasgueado, tipe strumming (ritem) ini memiliki hitungan triplet (tiap ketuk bunyi 3x), sehingga menghadirkan kesan bunyi yang gantung tapi beruntun seperti bunyi 'kereta api'. untuk lebih jelasnya silahkan disimak di video berikut ini, cara mudah, cepat, praktis, gampang belajar genjrengan gitar akustik flamenco triplet rasgueado strumming, semoga bermanfaat.




Belajar Genjrengan Gitar Akustik Flamenco Triplet Rasgueado
Belajar Kocokan Gitar Akustik Flamenco Triplet Rasgueado
Belajar Strumming Gitar Akustik Flamenco Triplet Rasgueado
Belajar Ritem Gitar Akustik Flamenco Triplet Rasgueado
  

( Words & Lesson by Dani Mkd @ReyalMusik )

4 Genjrengan Kocokan Gitar Akustik Keren & Macho - Belajar Strumming Fingerstyle & Pickingstyle

Belajar Kocokan Gitar, Belajar Genjrengan Gitar, Belajar Ritem Gitar, Belajar Strumming Gitar
4 Kocokan / Genjrengan / Strumming Gitar Akustik Keren, Wow Dan Macho - Belajar Dasar Ritem Gitar Fingerstyle & Pickingstyle

 
Teknik dasar kocokan / genjrengan / strumming gitar terkadang jarang dieksplor oleh kebanyakan gitaris pemula, ini bisa dimaklumi karena umumnya akibat keterbatasan wawasan dan selera musik, padahal didalam dunia musik itu terdapat banyak sekali style ritem (irama) yang bisa kita adopsi ke permainan kita sehingga mampu menghadirkan permainan yang variatif, kombinatif, atraktif, menarik, mantap, keren, cerdas dan mewah alias tidak ala kadarnya. Secara garis besar teknik mengocok / menggenjreng gitar itu memang umumnya menjadi pemetaan terhadap genre-genre (aliran) musik, karena setiap genre memiliki irama (ritem) yang berbeda tentu teknik dasar kocokan / genjrengan gitarnya pun pasti memiliki cengkok yang berbeda pula, oleh sebab inilah jika ada seorang musisi / pemusik yang mengenal atau memiliki wawasan musik yang luas bisa dipastikan dia lebih memungkinkan mampu membuat kombinasi permainan gitar yang lebih baik, bagus, fresh, variatif, cerdas bahkan inovatif.

Memang untuk menguasai berbagai macam teknik ritem gitar (kocokan / genjrengan / strumming) dibutuhkan latihan dan jam terbang alias pengalaman yang cukup, banyak sekali teknik kocokan gitar yang berkembang diantaranya teknik kocokan ritem gitar pop, rock, blues, rock and roll, RnB, reggae, country, folk, flamenco spanish, ska, metal, ballad, funk, jazz, latin, jazz, dan lain-lain...

Video berikut ini akan menampilkan sekitar 4 style bermain kocokan ritem gitar akustik yang masuk kategori teknik kocokan gitar akustik yang paling menarik, memukau dan stylish, jika mampu memainkan teknik-teknik yang ada di video ini maka kita akan mampu hadir sebagai seorang pemain gitar atau gitaris yang tangkas, cerdas sekaligus menghibur. LENGKAP !!!

Selamat menyimak dan semoga bermanfaat. 





Belajar Kocokan Gitar / Belajar Genjrengan Gitar / Belajar Strumming Gitar / Cara Menggenjreng Gitar / Cara Mengocok Gitar / Cara Memetik Gitar / Belajar Ritem Gitar Akustik Yang Keren dan Mantap

Kumpulan Lengkap Video Belajar Gitar Untuk Pemula, Belajar Dasar Gitar, Belajar Kunci Chord Gitar, Belajar Melodi Gitar, Belajar Improvisasi Gitar

 
( Words & Lesson by Dani Mkd @ReyalMusik )

4 Petikan Gitar Akustik Penting Dan Harus Tahu - Belajar Fingerstyle & Pickingstyle

Belajar Petikan Gitar Akustik Mudah, Cepat, Praktis
4 Petikan Gitar Akustik Penting Dan Pemula Harus Tahu - Belajar Dasar Gitar Fingerstyle & Pickingstyle Untuk Pemula



Banyak sekali yang bertanya,"om, gimana sih cara mudah dan cepat melatih tangan kanan kita biar gak kaku saat memetik senar gitar atau bermain petikan kunci / chord, melodi dan lainnya?"

JAWAB: ini adalah pertanyaan yang seringkali ditanyakan, banyak yang kurang memperhatikan tangan kanan saat belajar gitar, padahal tangan kanan adalah tangan terpenting untuk menguasai semua skill gitar karena tangan kanan memiliki tugas sebagai tangan pembunyi senar gitar, tentu ini adalah tugas yang sangat pokok.


Sudah jadi rahasia umum jika tangan kanan adalah tangan yang paling susah, paling sulit dilatih daripada melatih tangan kiri (fretting).. nah video berikut ini adalah cara ampuh dan praktis agar kita cepat menguasai instrument gitar, konsekuensinya jika kalian tidak lancar dengan teknik-teknik yang ada di video ini maka kalian pasti akan sangat kesulitan untuk bisa menguasai semua skill gitar lainnya, karena teknik-teknik yang dijabarkan di video ini sangat fundamental (pondasi teknik) yang mempengaruhi semua skill gitar mulai dari chording (bermain chord/kunci), melodi, harmony playing hingga teknik improvisasi gitar.

Video ini juga LENGKAP karena menampilkan semua permainan petikan gitar dalam versi fingerstyle dan pickingstyle, dan berlaku umum untuk gitar akustik maupun gitar elektrik. Video belajar gitar dasar yang disajikan dengan penyampaian yang mudah, gampang, praktis dan sistematis, oleh karena itulah video belajar gitar ini menjadi tontonan wajib terutama untuk para pemain gitar atau gitaris pemula

Untuk lebih jelasnya silahkan tonton video berikut ini "4 Petikan Gitar Akustik PENTING & HARUS TAHU - Fingerstyle & Pickingstyle"





Belajar Petikan Gitar Akustik Mudah, Cepat, Praktis

Kumpulan Lengkap Video Belajar Gitar Untuk Pemula, Belajar Dasar Gitar, Belajar Kunci Chord Gitar, Belajar Melodi Gitar, Belajar Improvisasi Gitar


( Words & Lesson by Dani Mkd @ReyalMusik ) 

Cara Menguji Skill Bermain Gitar Seseorang - Tes Kemampuan Musik

Cara Menilai / Mengukur Skill Bermain Musik Seseorang
Cara Menguji Skill Bermain Gitar Seseorang - Tes Kemampuan Musik

Ada murid disini yang bertanya," om, cara nge-test orang biar ketahuan dia bagus enggaknya main gitar, gimana sih, apa suruh dia main melodi atau apa?"

JAWAB: caranya begini, jangan tes dia langsung dengan melodi, sebab bagus tidaknya permainan gitar seseorang bukan hanya ditentukan dengan permainan melodinya, yang paling bagus itu awali tes dengan menguji apakah dia mampu bermain ritem dengan minimal 5 style / genre yang berbeda (ini juga sekaligus sebagai tes wawasan musik), lihat cara petikan dan genjrengannya (*jika pola bermainnya sama semua berarti dia masih belum fleksibel, masih monoton atau secara umum masih kurang komplit skillnya), apabila dia lolos dengan tes pertama, selanjutnya uji dia bermain harmoni seperti pemahaman chord mulai dari kunci dasar sampai kunci-kunci lanjutan, juga perpaduan chord serta cara memadukan nada-nada yang ada di scale sederhana menjadi sesuatu yang padat bermakna, suruh dia berimprovisasi menggunakan 3 tangga nada pokok yakni major scale (tangga nada mayor), minor scale (tangga nada minor) dan dominant scale (tangga nada dominant) dan sebagai pelengkapnya bisa ditambah dengan tangga nada pentatonik dan kromatik, suruh dia mencampur aduk semua chord, teknik ritem serta teknik melodi dengan scale-scale tersebut menjadi satu permainan utuh. Jika di poin ini dia lulus ujian maka kamu uji dengan tes terakhir yakni kualitas feel / soul bermusik, lihat touching (sentuhan-sentuhannya apakah enak di kuping?), timing nya (apakah isian-isiannya pas atau tumpang tindih?), fill in (apakah dia bisa menyelipkan isian-isian yang bagus / indah dalam permainannya), dan lain-lain... inilah kurang lebihnya poin-poin yang menentukan kualitas musikal atau musikalitas seseorang terutama untuk menguji permainan gitar seseorang.
 





**jadi itu kurang lebih cara menge-test apakah seseorang itu pantas dibilang baik / bagus dalam permainan gitar, karena syarat dibilang bagus adalah mampu bermain fleksibel, multi style, versatile... ingat ! jangan test hanya lewat permainan melodi, karena banyak yang beranggapan bahwa permainan melodi itu adalah skill puncak dalam gitar, ini keliru, sebab permainan melodi gitar itu bukan satu-satunya ukuran pokok dalam menentukan skill permainan gitar seseorang, walaupun benar jika melodi masuk salah satu faktor penentunya.


(Words/Lesson By Dani Mkd @Reyal Musik)

http://reyalstudio.blogspot.com  
http://reyalmusik.flavors.me


*harap dan mohon untuk selalu sertakan sumber arsip/artikel jika ingin copy-paste, etika dalam berbagi adalah modal dasar moralitas yang kreatif, jujur, beruntung dan cerdas.
 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...