l

Tips Musik: Problem Besar Pemain Gitar, Bass, Piano, Drum Dan Vokal

Hal-Hal Yang Sering Diremehkan (Jarang Diperhatikan Oleh Para Pemula) Dalam Permainan Alat Musik / Instrument Maupun Pengolahan Vokal, Padahal Merupakan Pokok Dan Urgen, diantaranya:


1. Gitar : untuk para gitaris atau pemain gitar, banyak yang lemah di tangan kanan baik picking style maupun finger style, kebanyakan hanya fokus di tangan kiri (fretting). padahal tangan kanan adalah pembunyi, pembentuk, penggagas, penetap nada / irama.

2. Bass : untuk para bassist atau pemain bass, banyak yang lemah juga di tangan kanan, pikado kurang cengkok dan kurang stabil, rhythm playing yang lemah, thumb lemah, thumb & index lemah, tremolo bingung, dan lain-lain...


3. Keyboard / Piano : untuk para keyboardist / kibordis / pianis atau para pemain piano dan keyboard, banyak yang lemah di tangan kiri, padahal tangan kiri merupakan pembentuk irama dan penegas harmoni bass dan chord.


4. Drum : untuk drummer atau pemain drum, banyak yang lemah di rhythm playing akibatnya pukulannya monoton, fill in & timing kurang greget, minim groove, miskin dinamika, blank birama (bingung menentukan ketukan).


5. Vokal : untuk vokalis / penyanyi / singer, tidak paham menambah tensi nada vokal diatas chord yang standar, contoh: jika chord pengiringnya C major maka vokal dianjurkan boleh sekali-kali bernyanyi di nada 9, 11 atau 13, bisa juga di nada suspended 2 & 4, major 6 dan juga sekali-sekali passing (semua ini bisa juga dipraktekkan di gitar, bass dan keyboard piano)...


# hal-hal diatas adalah termasuk pokok agar permainan musik kita lebih memiliki bobot artistik, keren dan cerdas, jika tidak dipoles maka dijamin permainan musik kita hanya berputar-putar tanpa makna, tanpa rasa dan tanpa jiwa, (no feel, no soul, same with nothing).


~ selamat mengolah... good luck !




(Words/Lesson By Dani Mkd @Reyal Musik) 


0 komentar:

Post a Comment

silahkan ketik pertanyaan anda jika ingin bertanya atau butuh penjelasan lebih lanjut mengenai postingan artikel ini, admin akan segera merespon dan memberikan jawaban secepatnya, dan mohon untuk tidak spamming di kotak komentar, beriklan atau bertanya diluar topik (out of topic) karena admin akan menghapus hal-hal demikian, terimakasih dan semoga artikel ini bermanfaat untuk anda

Contact Form

Name

Email *

Message *