Salah Paham Istilah Yang Berkembang Di Dunia Musik, Pemula Harus Tahu Ini

Murid-Murid disini banyak yang terkaget-kaget ketika tahu jawaban dari 3 pertanyaan berikut ini (*mereka baru menyadari bahwa anggapan yang selama ini berkembang adalah anggapan yang keliru);

PERTANYAAN;
1. Siapa pemain utama ritem (rhythm player) didalam band ?
2. Siapa pemain utama melodi didalam band ?
3. Pelajaran apa yg paling gampang di gitar, bass dan piano / keyboard ?

JAWAB;
1. Gitar ritem. (*ini jawaban yg salah -X-)
2. Gitar melodi / lead guitar. (*ini jawaban yg salah -X-)
3. Ritem. (*ini jawaban yg salah -X-)

JAWABAN YANG BENAR ADALAH;
1. Pemain Drum dan Bass.
2. Vokalis.
3. Melodi.

BANYAK YANG KAGET DENGAN JAWABAN INI !!!.. ketika mereka diberikan penjelasan, penjabaran dan contoh-contoh permainan, baru mereka menyadari kekeliruan yang berkembang selama ini... contoh; di gitar selama ini yang berkembang adalah anggapan bahwa permainan melodi adalah yang tersulit, ternyata keliru, ritem dan chording lebih sulit daripada bermain melodi, loh kok bisa? karena chord itu jumlahnya bisa ribuan diambil dari berbagai jenis dan pola serta memiliki kepadatan harmoni vertikal serta bisa dimainkan horizontal seperti arpeggio (*beda dengan melodi yang cenderung bermain di satu nada dan berputar-putar dalam scale tertentu), dan ritem lebih sulit karena ia bisa flexible dimainkan dalam format chord maupun format melodi serta menjadi pembentuk karakter genre (*banyak yang mengira ritem itu cuma genjrang genjreng, ini keliru besar!!!), setelah diberi contoh baru mereka menyadari... bass pun demikian, bass adalah salah satu pemain ritem utama, bass dan drum menjadi penentu irama / ritem, beat, tempo, dan lain-lain.. serta bermain ritem di bass maupun drum adalah perkara yang tidak mudah... vokalis adalah pemain melodi utama (*setelah itu baru gitar, piano, bass, dan lain-lain..), karena melodi memiliki makna yakni rangkaian nada-nada yang dibunyikan secara berurutan dan mengungkapkan suatu gagasan yang biasa kita sebut sebagai 'lagu' (*lagu adalah bahasa lain dari melodi).





SALAH PAHAM ISTILAH...

banyak juga para pemula yang tidak memahami atau sering salah paham tentang istilah2 yg kerap digunakan didalam dunia musik seperti skill, scale, fill, feel, feeling, teknik, soul, ritem, melodi, improvisasi, dan lain2.. akan dijelaskan dibawah ini apa itu istilah2 diatas menurut pengertian yg benar;

* SKILL : adalah kemampuan / kecakapan / keahlian bermain musik, skill meliputi semua yakni kemampuan teknis maupun feel (rasa). byk yg mengira bahwa skill itu hanya kemampuan teknis saja, ini anggapan keliru, karena skill meliputi teknis maupun sentuhan (rasa).

* SCALE : adalah tangga nada atau kumpulan nada yang memiliki jarak-jarak nada (interval) tertentu, misal major scale memiliki rumus 1, 1,1/2, 1, 1, 1, 1/2.. scale inilah yg jadi pondasi musik dan juga merupakan asas untuk pembentukan chord maupun melodi.

* FILL : adalah isian, artinya kita mengisi nada atau chord variasi di iringan musik yg sedang berjalan (*biasanya diisi di sela-sela beat atau di beat2 tertentu, tujuannya supaya tidak terdengar kosong atau butuh hentakan untuk menaikkan tensi aransemen). byk pemula yg sering tertukar istilah antara fill dan feel (*mungkin karena pengucapannya sama), padahal ini adalah 2 hal yg berbeda.

* FEEL : adalah rasa, ketika kita bermain musik dengan penuh penghayatan dan sentuhan2 yang baik itulah yg dinamakan feel.

* FEELING : adalah perasaan, istilah ini sering disamakan dengan feel, walaupun secara kata memiliki makna yg sama tapi secara pengertian ini adalah 2 hal yg berbeda, feel itu adalah rasa yang terpancar dari si pemain berupa sentuhan2 musikal, sedangkan feeling adalah perasaan. tentu berbeda antara rasa yg berwujud sentuhan dengan perasaan saja.

* TEKNIK : adalah cara bermain, byk pemula yg mengira teknik hanya yg bentuknya cepat-cepat saja, sedangkan yg medium atau slow tempo itu main rasa, kata mereka.. ini anggapan keliru, teknik meliputi semua cara bermain di berbagai tempo, baik tempo pelan, sedang ataupun cepat, semuanya memiliki teknik-teknik tersendiri.

* SOUL : adalah penjiwaan, istilah ini juga sering disamakan dengan istilah feel, padahal beda, soul adalah menjiwai apa yg kita mainkan maupun apa yg kita dengar, contoh: disaat bermain feel tentu kita fokusnya hanya pada permainan kita, sentuhan2 kita, sedangkan soul lebih dalam lagi yakni selain memberi rasa terhadap permainan sendiri juga memberi 'nyawa' setiap apa yg kita mainkan dan larut didalam skema permainan penuh, contoh: jika kita nge-band maka kita ikut menghayati juga permainan2 personil2 yg lain, menghayati lirik lagu, nada lagu, melodi, ritem, ketukan, nuansa, panorama, dan lain2...

* RITEM : adalah irama, istilah di musik adalah panjang pendeknya nada, sederhananya ritem itu adalah lekuk / cengkok yg memiliki ciri khas tersendiri, ritem inilah yg membedakan aliran2 musik. byk pemula yg mengira ritem itu adalah gitar genjrengan, padahal anggapan ini salah, di band pemain ritem utama adalah drummer, dan di instrument2 tonal (bernada) seperti gitar, bass, piano, ritem itu bisa berbentuk chord maupun nada, jadi ritem itu bisa dalam bentuk melodi atau berbentuk nada per nada, bukan hanya dalam bentuk chord, byk pemula yg tidak 'mudeng' di ritem yg berbentuk nada, malah melodi yg keren itu adalah melodi yg ritmik, karena punya mood dan nuansa tersendiri, dan tidak semudah seperti bermain melodi biasa.

* MELODI : adalah lagu, istilah di musiknya adalah kumpulan nada2 yg disusun dan memiliki suatu gagasan.. melodi ini biasanya jadi ujung tombak (sentral) komposisi musik.. melodi itu arti sederhananya adalah lagu, dan lagu itu ada dua versi: (1) lagu yg dibawakan manusia namanya vokal (2) lagu yg dibawakan alat musik namanya instrumental, nah sayangnya byk pemula yg mengira bahwa melodi itu hanya melulu di gitar, ini salah ! .. melodi itu bisa dimainkan juga di bass, piano, biola, dan alat2 musik lain dan bahkan melodi utama di band itu adalah vokal.

* IMPROVISASI : adalah pengembangan, perbaikan, perluasan. byk pemula yg biasanya disaat jamming berkata," udah di-improv aja, asal kena aja !" padahal bahan permainan belum ada, ini salah sekali.. improvisasi itu adalah mengembangkan bahan yg sudah ada, bukan memainkan bahan yg belum ada, misal bahannya adalah birama 4/4, tempo: 110, progression chord nya C, Am, F, G, ritemnya: poprock, nah ini bahan mentah lalu dikembangkan chord2nya menjadi CM7, Am7, FM7, G7-9 lalu birama diubah jadi 6/8 serta memberikan banyak bridge chords, passing chords dan scale2 melodi yg diperluas...

~ semoga mencerahkan ~



(Words/Lesson By Dani Mkd @Reyal Musik)

http://reyalstudio.blogspot.com  
http://reyalmusik.flavors.me


*harap dan mohon untuk selalu sertakan sumber arsip/artikel jika ingin copy-paste, etika dalam berbagi adalah modal dasar moralitas yang kreatif, jujur, beruntung dan cerdas.
 


Pengertian Seni Musik Yang Sebenarnya

SENI MUSIK itu tak serumit yang kita bayangkan juga tak sesederhana yang kita pikirkan, porsinya 'moderat' jika kita mau tekun dan sabar berlatih, dan akan selalu memiliki 'ujung' yang bagus jika kita konsisten.. terkadang yang membuat musik itu terdengar sulit adalah karena kita tak terbiasa, malas terbiasa atau barangkali tak mau terbiasa... 

Politik itu memiliki sub-sub, cabang-cabang, huk-huk, lahan, teori dan praktek.. cinta juga memiliki banyak sudut, akar, sebab, akibat dan manfaat… begitu pula musik yang merupakan kombinasi dari ide, akal dan hati, mempunyai perspektif yang lebih lengkap, massa yang lebih massal dan ditakdirkan sebagai hiburan berikut pelajaran… inilah musik, terkadang tidak butuh mencintai atau dicintai seperti cinta dan juga tidak perlu memilih atau dipilih seperti politik, musik adalah natural, alami, naluri, ada dan melekat dimana-mana, didalam musik terkumpul semua rasa.. tinggal belajar untuk meramunya..

(Words/Lesson By Dani Mkd @Reyal Musik)

http://reyalstudio.blogspot.com  
http://reyalmusik.flavors.me


*harap dan mohon untuk selalu sertakan sumber arsip/artikel jika ingin copy-paste, etika dalam berbagi adalah modal dasar moralitas yang kreatif, jujur, beruntung dan cerdas.
 

Mau Sukses Belajar ? Cari Guru Yang Tepat

KEUNTUNGAN-KEUNTUNGAN JIKA KITA IKUT LES MUSIK DI "TEMPAT YANG TEPAT" DAN DENGAN "GURU YANG MUMPUNI";

- kita akan dicetak menjadi pribadi yang lebih hebat dari sebelumnya.

- kita akan memiliki sentuhan-sentuhan musikal yang eksklusif.

- kita akan berbeda secara karakter / sifat. karena jika belajar musik dengan metode yang benar akan merangsang otak kita menjadi lebih progres, aktif dan stabil.

- kita akan memiliki pesona yang indah, seorang musisi yang bagus akan selalu memiliki 'pancaran khusus' yang tak dimiliki oleh mereka-mereka yang berkemampuan pas-pasan.

- kita akan digarap menjadi sosok yang produktif, inovatif, kreatif dan mempunyai ide-ide yang masif.

... dan sebagainya...

**silahkan ikuti les musik, karena kita tak akan pernah rugi jika belajar musik, ilmu musik mampu mengangkat mutu dan kualitas diri, membuka banyak jalan buat kita, membuat kita menjadi pribadi yang tangkas, cermat dan mandiri... tapi sebelum memutuskan belajar, kita harus selektif mencari "TEMPAT YANG TEPAT" DAN DENGAN "GURU YG MUMPUNI" (*banyak tempat-tempat les & guru-guru les tapi sangat langka mendapatkan guru yang mumpuni), sebab kesuksesan belajar berawal dari tempat yang tepat dan guru yang berbobot. 




(Words/Lesson By Dani Mkd @Reyal Musik)

http://reyalstudio.blogspot.com  
http://reyalmusik.flavors.me


*harap dan mohon untuk selalu sertakan sumber arsip/artikel jika ingin copy-paste, etika dalam berbagi adalah modal dasar moralitas yang kreatif, jujur, beruntung dan cerdas.
 

Belajar Teknik Picking Gitar Dan Bass ( Rahasia Speed Picking )

SALAH SATU RAHASIA TERBESAR TEKNIK PICKING YANG BISA MEMBUAT PERMAINAN KITA MENJADI LEBIH MEMUKAU...

TAB:
1|------------------------------------
2|------------------------------------
3|------------------------------------
4|------------------------------------
5|-------------------------7----------
6|----------------0---------------0---
 


picking ~> ..... down ..... up ..... up ....

*mainkan triplet diatas berulang-ulang kali (bolak balik), mulai dari tempo pelan, jika sudah lancar mainkan dalam tempo sedang, dan puncaknya adalah tempo cepat, semakin cepat semakin menarik bunyinya. teknik ini bisa dipraktekkan dengan gitar maupun bass (*harus menggunakan pick), ini merupakan triplet picking yang bisa membuat permainan kita menjadi sangat wah, keren, terdengar cepat, memukau dan bisa dipraktekkan dalam berbagai playing baik ketika bermain petikan, ritem maupun melodi. ingat! teknik ini merupakan salah satu rahasia permainan memukau gitar, juga bisa dipraktekkan di bass. 


Video dibawah ini adalah salah satu teknik picking yang sangat menentukan kualitas permainan kita, teknik ini merupakan teknik pengembangan dari tablatur diatas, termasuk golongan teknik triplet picking dengan mengkombinasikan chord 5 dan chord 8, teknik ini bisa dipraktekkan dalam berbagai permainan, baik permainan chording, ritem dan melodi (*jika diaplikasikan kedalam permainan melodi akan terdengar sangat cepat dan rumit)... selamat mencoba... 





Dan video dibawah ini adalah contoh permainan fast triplet pada instrument bass dengan mengkombinasikan chord 5 dan chord 8 (*didalam permainan bass, teknik ini lebih mantap jika dimainkan dengan teknik fingerstyle, karena teknik fingerstyle bisa mengeluarkan sound perkusif dibandingkan dengan menggunakan teknik picking biasa).




(Words/Lesson By Dani Mkd @Reyal Musik)

http://www.facebook.com/ReyalMusik.Page1
http://www.facebook.com/ReyalMusik.Page2
http://reyalstudio.blogspot.com
http://rahasiailmumusik.blogspot.com
http://www.facebook.com/reyalmusik
http://www.facebook.com/reyalmusik2
http://twitter.com/ReyalMusik
http://www.youtube.com/ReyalMusik
http://www.facebook.com/ReyalMusik.Page3
http://www.facebook.com/ReyalMusikCipayung

*harap dan mohon untuk selalu sertakan sumber arsip/artikel jika ingin copy-paste, etika dalam berbagi adalah modal dasar moralitas yang kreatif, jujur, beruntung dan cerdas.
 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...