l

6 Jenis Band Yang Harus Kamu Ketahui

ADA 6 JENIS BAND DI DUNIA MUSIK, DAN ADA DIMANAKAH BAND KAMU? 


Studio Rekaman Dan Les Musik Di Jakarta


1. Band Pemula
Band yang belum matang secara skill, band jenis ini jumlahnya banyak, kebanyakan yang usianya masih remaja sampai menjelang dewasa. Band jenis ini belum bisa dikategorikan musisi ideal karena masih dalam proses pembelajaran.


2. Band Hobby
Band yang hanya sekedar mencari kesenangan dan mengisi waktu luang, band jenis ini jumlahnya lumayan.


3. Band Komunitas
Band yang terbentuk karena visi dan misi tertentu, misalnya komunitas band rock artinya perkumpulan musisi-musisi yang suka dengan musik rock lalu membuat komunitas yang intens. Atau contoh lain band untuk amal, artinya band yang didirikan adalah dalam rangka mencari dukungan dana untuk kegiatan amaliah sosial. Contoh lain band untuk kelestarian alam, artinya band dibentuk untuk mempromosikan slogan cinta kepada alam sekitar, dll…   


4. Band Rekaman
Band yang orientasinya untuk menghasilkan karya lalu direkam, band jenis ini jumlahnya banyak juga karena dari mulai band pemula sampai yang pro ada di minat ini. Konon band jenis inilah yang paling giat dijalani oleh para musisi karena faktor popularitas dan selebritas.  


5. Band Festival
Band yang orientasinya lebih ke ajang perlombaan dan mengejar prestasi panggung, band jenis ini secara skill tergolong matang (*walaupun tidak semua) dan punya pengalaman stage yang banyak, band festival ini umumnya berkarakter segmented artinya mereka mengikuti festival yang sesuai dengan genre mereka. Misalnya festival jazz maka yang mengikuti ajang ini tentunya band-band yang bergenre jazz. Walaupun memang di sebagian tempat ada juga ajang yang bersifat multi genre (banyak aliran).  


6. Band Café / Home Band
Band yang sangat matang secara skill karena dituntut untuk mampu membawakan musik jenis apa saja (all genre/all around) bahkan harus bisa mengiringi request dari penonton. Menurut saya ini jenis band terbaik dan paling matang secara skill dan feel.



**setelah membaca jenis-jenis band diatas, sekarang tinggal diukur sendiri ada dimanakah band kamu? … selamat mengukur.


(Words/Lesson By Dani Mkd @Reyal Musik)

0 komentar:

Post a Comment

silahkan ketik pertanyaan anda jika ingin bertanya atau butuh penjelasan lebih lanjut mengenai postingan artikel ini, admin akan segera merespon dan memberikan jawaban secepatnya, dan mohon untuk tidak spamming di kotak komentar, beriklan atau bertanya diluar topik (out of topic) karena admin akan menghapus hal-hal demikian, terimakasih dan semoga artikel ini bermanfaat untuk anda

Contact Form

Name

Email *

Message *