Musik / Lagu Yang Easy Listening Atau Easy Playing ?

Musik Yang Mudah Dicerna Atau Mudah Dimainkan



Barangkali banyak yang salah kaprah dengan istilah EASY LISTENING, istilah ini bermakna mudah dicerna dan didengar tapi tidak otomatis MUDAH DIMAINKAN, lalu ada istilah lain lagi yakni EASY PLAYING, nah ini kira-kira bermakna mudah dimainkan tapi tidak serta merta mudah dicerna, bisa saja gampang dimainkan tapi gak nyaman di kuping, dan kebanyakan ada di poin ini yakni bisa bermain musik secara easy playing.. 

Poinnya adalah jika kita ingin menyebut konsep musik yang mudah dimainkan sebutlah easy playing, di lain sisi jika kita mau membuat konsep musik yang mudah dicerna sebutlah easy listening, tapi wajib diketahui bahwa tidak semua easy listening itu mudah dimainkan, contoh: pop jazzy dan pop bluesy itu easy listening, tapi belum tentu mudah dimainkan, musik-musik mozart itu easy listening tapi belum tentu mudah dimainkan.

Lagu-lagu BB King itu easy listening tapi belum tentu mudah dimainkan, lagu-lagu Beatles itu enteng di kuping tapi belum tentu mudah dimainkan, lagu-lagu stevie wonder itu enak dan nyaman sekali di kuping tapi apakah mudah dimainkan?, lagu-lagu hits Queen itu mudah sekali diingat dan nikmat di kuping tapi apakah mudah dimainkan?.. 

Dan hampir semua lagu-lagu yang enak itu easy listening, tetapi apakah mudah dimainkan? justru menurut analisa saya lagu-lagu / musik-musik yang easy listening pada hakikatnya sangat sulit sekali dibuat bahkan sulit pula untuk dimainkan, terkadang jauh lebih mudah memainkan lagu-lagu / musik-musik yang 'hard playing' (*sulit dimainkan), ini menurut pendapat saya, bisa saja berbeda dengan yang lain... 

Musik atau lagu yang easy listening hanya bisa dimainkan / dibuat oleh seseorang yang pro atau pemusik yang punya talenta alami, sebaliknya easy playing bisa dilakukan oleh siapapun.

kesimpulannya: beda jauh makna antara easy listening dengan easy playing. jangan sampai tertukar istilah, karena kebanyakan kita menyamakan makna easy listening dengan easy playing, padahal beda sekali meskipun bisa saja terkait.. mari kita berbenah dari istilah-istilah yang keliru....


(Words/Lesson By Dani MKD @Reyal Musik)

Reyal Musik

Reyal Musik adalah studio rekaman, kursus musik, jasa aransemen musik dan jasa pembuatan lagu terbaik dan profesional dengan biaya terjangkau, small price but BIG quality !

VISIT OUR OFFICIAL SITES :

www.studioreyalmusik.com

www.reyalmusik.com

Posting Komentar

silahkan ketik pertanyaan anda jika ingin bertanya atau butuh penjelasan lebih lanjut mengenai postingan artikel ini, admin akan segera merespon dan memberikan jawaban secepatnya, dan mohon untuk tidak spamming di kotak komentar, beriklan atau bertanya diluar topik (out of topic) karena admin akan menghapus hal-hal demikian, terimakasih dan semoga artikel ini bermanfaat untuk anda

Lebih baru Lebih lama