Belajar Bass Dasar 12 Kunci Chord Minor, Gampang, Mudah, Lengkap Untuk Pemula

Cara Bermain Bass Untuk Pemula, Teknik Dasar 12 Chord Minor


Setelah di artikel sebelumnya membahas tentang belajar 12 kunci mayor bass, video belajar bass berikut ini akan menerangkan tentang chord-chord atau kunci-kunci minor bass. 

Bass adalah alat musik / instrument musik yang memiliki karakter suara low (rendah), alat musik ini mempunyai fungsi yang sangat fundamental dalam musik, sebagai alat musik penegas nada, chord, ritem (irama / rhythm), serta sekaligus sebagai alat musik penengah antara instrument tonal (bernada) seperti gitar, piano, keyboard, biola, dan lain-lain dengan alat musik pukul (perkusi) seperti drum, perkusi, dan lain-lain.



belajar bass untuk pemula teknik 12 chord minor cara bermain dasar lengkap mudah


Kunci minor adalah kunci mayor yang nada 3 nya diturunkan setengah nada, rumus sederhananya seperti ini, contoh kunci C formulanya C,E,G jika diminorkan menjadi C,Eb,G. 

Jadi cuma nada tengah (3) yang turun setengah, sedangkan 2 nada lainnya tidak berubah. Ini rumus sederhananya perbedaan antara kunci mayor dan kunci minor. 

Formula atau chord-tones (nada-nada pembentuk chord) harus benar-benar diketahui rumus / teorinya oleh para pemula, karena permainan bass umumnya menggunakan formula chord.


Video Tutorial Belajar Bass, Latihan Dasar 12 Chord Minor


Setiap pemain bass atau bassis yang berminat memperdalam ilmu musik khususnya mendalami instrument (alat musik) bass, maka wajib mengetahui dasar-dasar bermain bass atau bisa juga disebut gitar bass, karena bass ini asalnya dari gitar, ilmunya juga sama, cuma sedikit beda di pendekatan permainan (play approaching) alias beda di teknik dasar.

Mengenal dan memahami chord / kunci adalah ilmu fundamental dalam permainan alat musik bass, karena bass secara umum permainannya berangkat dari konsep chord (chording). Terutama para pemain bass (bassis) wajib menghapal formula chord (chord tones), karena nada-nada pembentuk chord ini adalah pondasi permainan bass.

Untuk inilah video berikut ini dibuat yakni untuk mengenalkan chord-chord atau kunci-kunci dasar bagi pemula, video kali ini menjabarkan lengkap tentang 12 chord / kunci minor (minor chords) diantaranya Cm, C#m (Dbm), Dm, D#m (Ebm), Em, Fm, F#m (Gbm), Gm, G#m (Abm), Am, A#m (Bbm), Bm, semoga bermanfaat dan selamat belajar.








(Words & Lesson by Dani MKD @ReyalMusik)




Reyal Musik

Reyal Musik adalah studio rekaman, kursus musik, jasa aransemen musik dan jasa pembuatan lagu terbaik dan profesional dengan biaya terjangkau, small price but BIG quality !

VISIT OUR OFFICIAL SITES :

www.studioreyalmusik.com

www.reyalmusik.com

Posting Komentar

silahkan ketik pertanyaan anda jika ingin bertanya atau butuh penjelasan lebih lanjut mengenai postingan artikel ini, admin akan segera merespon dan memberikan jawaban secepatnya, dan mohon untuk tidak spamming di kotak komentar, beriklan atau bertanya diluar topik (out of topic) karena admin akan menghapus hal-hal demikian, terimakasih dan semoga artikel ini bermanfaat untuk anda

Lebih baru Lebih lama