Belajar Melodi Gitar Teknik Diminished Chords (Melodi Chording)

belajar melodi gitar teknik diminished chords, tutorial cara bermain melodi chording

Cara Bermain Melodi Gitar Diminished Chords (Melodi Chording)


Kunci dim atau diminished chord tergolong jenis chord yang secara karakter bunyi sedikit berat. Oleh sebab inilah kunci dim ini tidak terlalu sering digunakan dalam beberapa iringan musik. 

Namun faktanya, chord ini jika mengerti cara penyisipan atau penerapannya maka akan memberi sugesti yang sangat spesial terhadap permainan musik yang sedang dimainkan.

Chord atau kunci dim ini tergolong tipe chord yang bisa menunjukkan seseorang itu cerdas atau tidaknya dalam bermain musik, umumnya musisi-musisi yang sudah berpengalaman mampu memainkan dan menerapkan chord ini dengan baik, tepat, cerdas dan asyik dalam permainan mereka, karena jika tahu penggunaannya maka permainan kita akan semakin kaya nada.


Penjelasan Tentang Kunci Dim / Diminished Chords Untuk Bermain Melodi Gitar Unik Dan Cerdas


Berikut ini kunci-kunci dim atau diminished chords sekaligus chord-tones nya (nada-nada pembentuk chord atau formula chord), perlu diketahui bahwa kunci ini memiliki 3 tipe yang umum dimainkan ; 

  • dim = 1, 3b, 5b
  • dim7 (diminished 7th) = 1, 3b, 5b, 6
  • m7-5 atau m7b5 (half-diminished) = 1, 3b, 5b, 7b 

Chord/kunci diminished atau chord dim ini memiliki sugesti (karakter bunyi) yang cenderung dark (gelap), suram, tegang, murung, horror dan redup. Jadi secara sifat, bunyinya memang agak bernuansa kelam, justru inilah sisi uniknya, karena sugestinya ini malah akan menambah warna permainan kita, walaupun secara umum kunci dim inipun bisa dibawakan dalam permainan musik yang ceria, kesan atau sugesti suram hanya berlaku pada fungsi khususnya.


Bridge Chords Adalah Kunci/Chord Penghubung Yang Sangat Efektif Jika Formulanya Dijadikan Melodi Gitar Tipe Chording


Chord ini juga merupakan kunci 'naik kelas' nya chord dominant, jadi diminished chord ini sangat keren jika dimainkan sebagai bridge chord (kunci penghubung).

Bridge chords atau kunci/chord jembatan (penghubung) adalah tipikal chord yang selain digunakan sebagai chord penghubung antar chord juga bisa dimanfaatkan sebagai melodi gitar tipe chording (chordal), dan umumnya permainan melodi gitar yang unik dan cerdas adalah banyak memanfaatkan bridge chords sebagai 'outline' dari permainan melodinya, termasuk memanfaatkan diminished chords ini.


Video Tutorial Belajar Melodi Gitar Teknik Diminished Chords


Video berikut ini akan memberikan sedikit contoh permainan kunci / chord dim (diminished) dalam versi melodi chording, artinya chord-tones atau formula chord nya dimainkan secara broken (satu-satu) menyerupai melodi, untuk jelasnya silahkan disimak.... 






( Words & Lesson by Dani MKD @ReyalMusik )



Reyal Musik

Reyal Musik adalah studio rekaman, kursus musik, jasa aransemen musik dan jasa pembuatan lagu terbaik dan profesional dengan biaya terjangkau, small price but BIG quality !

VISIT OUR OFFICIAL SITES :

www.studioreyalmusik.com

www.reyalmusik.com

Posting Komentar

silahkan ketik pertanyaan anda jika ingin bertanya atau butuh penjelasan lebih lanjut mengenai postingan artikel ini, admin akan segera merespon dan memberikan jawaban secepatnya, dan mohon untuk tidak spamming di kotak komentar, beriklan atau bertanya diluar topik (out of topic) karena admin akan menghapus hal-hal demikian, terimakasih dan semoga artikel ini bermanfaat untuk anda

Lebih baru Lebih lama