Belajar Melodi Gitar Teknik Kunci Oktaf (Chord 8)

belajar melodi gitar teknik octave playing (chord 8)



Cara Bermain Melodi Gitar Dengan Kunci Oktaf (Chord 8), Tips Trik Tutorial Latihan Memperindah Melodi 


Chord 8 atau kunci 8 atau kunci oktaf adalah chord yang hanya memiliki formula (chord tones) 2 nada, bahkan 2 nada inipun merupakan nada yang sama, hanya berbeda oktaf saja, karena sebab inilah chord 8 biasa juga disebut kunci oktaf atau octave chord.

Kunci / chord 8 ini sekalipun berjenis chord, tapi penggunaannya sebagai chord pengiring tidak terlalu terasa berkarakter chord, penyebabnya adalah karakter bunyinya yang terkesan seperti 'single note' (padahal 2 nada, tapi berhubung hanya menerapkan nada yang sama sekalipun beda oktaf, karakter bunyinya tetap terasa 'tipis', kurang harmonik seperti chord pada umumnya).

Sebaliknya jika chord 8 digunakan dalam permainan melodi, akan memberikan warna yang khas dan terkesan seperti 'stereo sound' bahkan terdengar 'classy' (berkelas), ini salah satu keunggulan chord 8 yakni bisa dieksplorasi, bahkan dalam permainan teknik improvisasi melodi terutama di genre jazz, fusion, funk, dan sejenisnya, kunci 8 ini seringkali dimainkan bahkan dijadikan 'tema' melodi.


Latihan Bermain Melodi Gitar Dengan Chord 8 (Kunci Oktaf)  


Contoh dan penjabaran chord-tones (formula chord) kunci 8 ;

C8 = C, C'

* perhatikan formulanya, hanya 1 jenis nada namun beda oktaf.

Chord 8 ini memang kunci / chord yang sangat sederhana, namun dibalik kesederhanaan itulah kita bisa memaksimalkan atau meng-eksplorasi penggunaannya. 

Di video berikut ini saya mencoba memberikan contoh sederhana cara menggunakan chord 8 dalam permainan melodi gitar, cara yang bisa diikuti dan dipelajari dengan mudah dan cepat oleh siapa saja dari mulai pemula sampai level berikutnya, selamat menyimak dan semoga bermanfaat.

 



 
(Words & Lesson by Dani MKD @ReyalMusik )


Reyal Musik

Reyal Musik adalah studio rekaman, kursus musik, jasa aransemen musik dan jasa pembuatan lagu terbaik dan profesional dengan biaya terjangkau, small price but BIG quality !

VISIT OUR OFFICIAL SITES :

www.studioreyalmusik.com

www.reyalmusik.com

Posting Komentar

silahkan ketik pertanyaan anda jika ingin bertanya atau butuh penjelasan lebih lanjut mengenai postingan artikel ini, admin akan segera merespon dan memberikan jawaban secepatnya, dan mohon untuk tidak spamming di kotak komentar, beriklan atau bertanya diluar topik (out of topic) karena admin akan menghapus hal-hal demikian, terimakasih dan semoga artikel ini bermanfaat untuk anda

Lebih baru Lebih lama