Belajar Gitar Blues Untuk Pemula, Lengkap Dan Tuntas

Musik Blues, Gitaris Blues dan Cara Belajar Bermain Musik Yang Baik


Blues adalah salah satu akar musik (nenek moyang) musik yang banyak melahirkan berbagai cabang (genre/aliran) musik dari dulu hingga saat ini, hampir semua aliran musik yang ada saat ini tidak lepas dari pengaruh musik blues, mulai dari pop, rock and roll, rock, funk, jazz, metal, country, reggae, steady rnb, folk, ballad, bluegrass, rap hiphop, alternative, grunge, punk, dan lain-lain..semua genre ini adalah cucu-cucu dan cicit-cicit blues yang pastinya membawa aura blues. 

Musik-musik yang ada saat ini terutama dari era 1920an, 30an, 40an, 50an, 60an, 70an, 80, 90an, hingga 2000an adalah turunan-turunan blues yang berkembang dari jaman ke jaman. 

Jadi mempelajari blues untuk meningkatkan musikalitas kita bisa dikatakan WAJIB ! terlepas dari apapun taste (selera) musik kita, mempelajari blues tetap wajib karena ia merupakan akar musik yang mengajarkan kita bagaimana cara bermain musik secara musikal (feel/soul).


belajar gitar blues untuk pemula, melodi, improvisasi, ritem, chord kunci blues


Manfaat Belajar Gitar Blues Dan Musik Blues

Diantara manfaat atau kegunaan bila kita belajar musik blues adalah sebagai berikut ;

  • Melatih kepekaan rasa musikal (feel/soul) dan hearing
  • Melatih jiwa improvisasi dan eksplorasi
  • Tidak terlalu terikat pada rumus / teori dasar atau teori baku musik
  • Memperbaiki taste (selera) musik
  • Memperbaiki fleksibilitas kita dalam bermain multi genre (banyak aliran musik)
  • Meningkatkan skill bermain musik dengan cepat, baik dan bagus

Karena sebab-sebab inilah banyak pakar dan pengamat musik mengatakan bahwa bisa bermain blues memudahkan kita bisa memainkan musik apa saja, sangat fundamental sebagai pondasi musikalitas. 

Bahkan apapun lagu atau musik yang kita mainkan tidak akan mungkin terlepas dari pengaruh blues, baik kita sadar memainkannya maupun tak sadar, baik kita mengerti blues maupun tak mengerti. 

Kenapa bisa begitu? karena blues adalah kealamian dalam dunia musik. Lebih dianjurkan atau direkomendasikan bagi kita untuk mempelajarinya secara khusus agar kita bisa memaksimalkan potensi musikalitas kita.

Blues dalam permainan gitar bisa dikatakan sangat menonjol bahkan alat musik yang sangat kuat untuk memainkan blues adalah gitar, baik itu gitar akustik maupun gitar elektrik.


Belajar Gitar Blues Untuk Pemula, Lengkap Dengan Scale Dan Chord Blues

 
Video berikut ini adalah video tutorial gitar blues untuk pemula yang berisikan basic cara bermain blues mulai dari iringannya / progresi chord nya, scale yang digunakan didalam permainan teknik improvisasi melodi blues seperti pentatonik minor dan blues scale, dan lain-lain. 

Akan dibahas secara rinci dan fokus agar para pemula bisa memahami apa itu blues dan mengapa blues itu begitu penting dalam membentuk musikalitas kita. Ketika anda belajar blues tidak berarti anda otomatis nantinya hanya bermain di musik blues, anda bebas memilih genre apapun yang anda suka, dengan adanya bekal blues maka genre yang nantinya anda geluti (apapun genre tersebut) akan lebih hidup permainannya karena adanya pengaruh blues yang anda bawa. 

Misalkan anda suka genre pop, maka pop yang nanti akan anda mainkan bakal lebih 'naik kelas' kualitasnya karena ada blending dengan blues, anda suka rock maka permainan gitar rock anda akan lebih bernyawa dengan campuran blues, anda suka jazz maka permainan gitar jazz anda akan lebih ekspresif, dan lain-lain. Jadi blues itu bisa nyampur dimana-mana dan ia akan meningkatkan kualitas apapun yang ia campuri.

Blues secara alami dan otomatis akan melatih ; 


Kelebihan musisi / pemusik / gitaris yang bisa bermain musik blues atau gitar blues

1. Punya feel / soul musik yang lebih kuat dan baik

2. Punya kepekaan telinga yang bagus

3. Lebih fleksibel dalam bermain genre musik apa saja

4. Lebih memiliki banyak ide-ide musikal yang segar

5. Memiliki teknik bermain yang lebih unik dan adaptif

6. Memiliki daya jelajah improvisasi yang luas dan inovatif

7. Lebih bisa menghasilkan karya lagu / musik yang disukai


Semoga dengan paparan ini anda bisa memahami mengapa anda wajib belajar blues demi menguatkan sisi musikal dalam musikalitas anda. Bisa dikatakan video tutorial gitar blues ini adalah tontonan yang "wajib" tonton bagi para pemula dan menengah, selamat menyimak dan semoga bisa mencerahkan dan bermanfaat...
 





( Words & Lesson by Dani MKD @ReyalMusik )



Reyal Musik

Reyal Musik adalah studio rekaman, kursus musik, jasa aransemen musik dan jasa pembuatan lagu terbaik dan profesional dengan biaya terjangkau, small price but BIG quality !

VISIT OUR OFFICIAL SITES :

www.studioreyalmusik.com

www.reyalmusik.com

Posting Komentar

silahkan ketik pertanyaan anda jika ingin bertanya atau butuh penjelasan lebih lanjut mengenai postingan artikel ini, admin akan segera merespon dan memberikan jawaban secepatnya, dan mohon untuk tidak spamming di kotak komentar, beriklan atau bertanya diluar topik (out of topic) karena admin akan menghapus hal-hal demikian, terimakasih dan semoga artikel ini bermanfaat untuk anda

Lebih baru Lebih lama