Tips-Tips Membuat Lagu / Musik Yang Baik


TIPS-TIPS MEMBUAT LAGU / MUSIK YANG BAIK, BENAR, INDAH, CERDAS DAN BERKUALITAS

tips-tips membuat lagu / musik yang baik, berkualitas dan komersil, diantaranya;

- siapkan tema lirik yang bagus dan faktual, penyampaian lirik yang baik serta berhubungan dengan kejadian kekinian bisa mempengaruhi pendengar.

- cari referensi (acuan) musik yang kompeten, contoh kalau kita mau bikin lagu britpop / alternativepop, ya dengerin band-band tenar di genre tersebut, cara mereka mengaransemen serta pemilihan nada-nadanya diperhatikan, gak mungkin kan kalau kita mau nge-pop ala Cold Play tapi yang didenger BB king, jadi cari inspirasi / referensi yang nyambung.. untuk melodi lagu perhatikan "nada-nada racun" yang terdapat di lagu-lagu yang booming supaya kita bisa belajar bagaimana cara membuatnya.

- siapkan progresi chord yang bagus serta menarik, untuk itu diperlukan pemain instrumen yg bagus juga, jadi ada penyesuaian antara tema lirik dengan aransemen musiknya, jadi gak matching kan temanya tentang kesedihan lalu diiringi dengan aransemen yang girang.. untuk memulai bisa dipilih antara chord major atau minor, intinya chord major itu lebih menggambarkan suasana normal, biasa, ceria, dan bisa juga sedih, sedangkan minor itu lebih kepada suasana galau, murung, khidmat, renungan, moody dan bisa juga girang..jadi tentukan lagunya mau dibawa kemana.

- usahakan jka kita membuat lagu yang banyak, tiap lagunya memiliki karakter yang berbeda-beda, tujuannya supaya pendengar gak bosen denger dan juga biar karya kita tidak monoton, caranya gimana? akalin di aransemen musik terutama mencari format ritem (irama) yang bervariasi, karena sugesti yang bisa memancing para pendengar musik adalah dari iramanya baru setelah itu mereka menyimak melodi lagunya bersamaan dengan lirik.. dan juga konon label-label / perusahaan-perusahaan rekaman itu suka menerima band yang lagunya variatif jadi mereka bisa memilih mana yang paling sreg, kalau kita cuma punya satu warna kan mereka gak punya pilihan lagi.. dan memang sejujurnya untuk dapat memainkan irama yang bervariatif itu memang susah karena dibutuhkan seorang player yang berwawasan musik luas.

- agar lagu / musik yang dibuat bisa diwujudkan dalam bentuk karya yang pantas maka bentuklah band yang kompak dan punya skill minimal lumayan, jangan cari personil yang kurang skillnya sebab biasanya di kemudian hari akan menjadi masalah, jika kita sudah cocok dengan partner kita namun masih ada kendala skill, sarankan dia untuk ikut les musik, karena dengan pengalaman les musik akan membuka banyak tabir (rahasia) serta trik-trik bermusik yang akan sulit kita dapati jika hanya belajar otodidak.. player tidak perlu terlalu hebat yang penting bisa bermain dengan baik.. selain skill perhatikan juga sifat masing-masing personil, karena terkadang karakter ego berlebihan bisa memunculkan banyak problem, satukan chemistry, tujuan/misi serta komitmen...

- buatlah karya yang mumpuni yakni dengan tiga syarat, pertama: lagu yang baik, kedua: berkualitas (tidak ngasal) dan komersil (punya nilai jual), jika kita bisa memenuhi syarat-syarat ini maka karya kita akan terhormat,, perlu diingat banyak juga lagu-lagu yang komersil namun tidak memiliki kualitas, memang laku secara bisnis tapi secara seni tidak dihargai / dihormati, sungguh ironis memang, karena pada kenyataan di lapangan cuma menjadi cibiran dan cemo’oh.. untuk menghindari situasi itu diperlukan minimal tiga syarat diatas.. dan perlu diingat pula bahwa musik itu punya minimal dua tujuan yakni menghibur dan mendidik, jika kita tidak mampu memenuhi misi bermusik ini maka karya kita belum masuk dalam timbangan seni yang baik, masih sebatas penghibur atau penyemarak / penggembira...

**selamat berkarya...


(Words/Lesson By Dani Mkd @Reyal Musik)

http://reyalstudio.blogspot.com  
http://reyalmusik.flavors.me


*harap dan mohon untuk selalu sertakan sumber arsip/artikel jika ingin copy-paste, etika dalam berbagi adalah modal dasar moralitas yang kreatif, jujur, beruntung dan cerdas.








CARA MUDAH CEPAT BELAJAR GITAR, BASS, DRUM, KEYBOARD PIANO BERSAMA DANI MKD, tonton video berikut ini…

2 comments:

  1. terimakasih atas nasihat2nya yang mantap sekali

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...