Cara Membuat Nada Lagu Yang Enak, Baik, Bagus, Berkualitas Dan Tidak Murahan ???

cara membuat melodi yang enak dan bagus pada gitar, bass, piano, biola
Ada yang tanya,"om, kasih tahu dong gimana caranya bikin lagu dengan nada-nada yang gak monoton tapi gak sulit juga serta enak didenger dan gak ngebosenin gitu trus karakternya juga kuat, kasih tahu ya om, please?"...

JAWAB: trik sederhana untuk membuat nada-nada lagu yang enak adalah lewat referensi lagu, yakni jika kita menyukai lagu-lagu yang populer, maka simak pergerakan-pergerakan nadanya, simak penggunaan jarak-jarak nadanya, simak progresi akordnya, simak sentuhan-sentuhan nadanya, simak irama nadanya, dan lain-lain, setelah itu baru susun nada-nadanya sebaik mungkin sesuaikan dengan lirik, karena nada yang bagus akan lebih terangkat kualitasnya jika dibarengi lirik / syair lagu yang baik dan bermutu, bahkan terkadang lirik bisa menutupi kualitas nada lagu yang kurang baik, ingin tahu tipsnya ? kunjungi artikel ini cara membuat lirik syair lagu yang baik.


Umumnya pembuatan nada-nada lagu berputar di scale (tangga nada) major dan minor, karena jumlah lagu itu jika dikalkulasi mencapai miliaran lagu di seluruh dunia, dan banyak berputar di 7 nada major ataupun minor (* ada juga yang bermain di 12 nada kromatik, tapi pendekatan ini banyak diterapkan di musik-musik yang sedikit rumit) maka logisnya kemungkinan adanya kemiripan nada pasti terjadi, apalagi pola pengambilan nada lagu itu menggunakan pola-pola yang terlalu umum, maka kemiripan itu sangat mungkin terjadi, sehingga kita cenderung memiliki karya yang 'tak berciri khusus' atau 'tak kuat karakternya' bahkan cenderung mendekati 'plagiatisme', lalu bagaimana caranya agar nada-nada lagu yang kita buat itu terdengar berbeda tapi tetap enak, baik dan bagus didengar ??? banyak musisi / penyanyi / songwriter yg membuat lagu hanya mengambil nada berlandaskan pada basic chord seperti C,Am,F,G, mereka cuma mengambil chord-tones major / minor, padahal ada banyak trik untuk memperindah nada dengan chord-chord sederhana, simak berikut ini;

# CONTOH 1 : coba bikin nada lagu di chord C, chord-tones C : C (do), E (mi), G (sol).. nah jangan ambil chord-tones ini tapi ambil nada suspended C yakni D (re) atau F (fa) sebentar saja lalu balik ke chord-tones nya, ingat! chord pengiringnya tetap C gak perlu dirubah jadi sus2 atau sus4, jadi nada suspendednya dinyanyikan oleh vocal, sedangkan instrumen tetap di chord dasar, ini trik bagus untuk memberi kesan sedikit 'float' dan bikin penasaran...


# CONTOH 2 : coba bikin satu nada poros atau biasa disebut pedal note, misal mainkan nada E (mi) di semua pergerakan chord mulai dari Am, Am/G, Am/F, E, jadi ketika pindah chord kamu tetap menyanyikan nada E (mi) ini, trik ini akan memberikan kesan 'journey' dan classy... 

# CONTOH 3 : coba bikin scale sequencing (rangkaian nada berpola yang diambil dari tangga nada), dengan cara notes skipping (lompatan nada-nada), contoh: nada awal C (do), D (re), E (mi) lalu lompat langsung ke C' (do, 1 oktaf lebih tinggi), B (si), A (la), G (sol), ini akan menaikkan tensi lagu...

# CONTOH 4 : terkadang ada nada lagu yang lebih enak jika statis (tidak pindah), misalkan nada lagunya C (do) dibunyikan untuk banyak lirik dengan chord yang statis juga, trik ini bagus untuk lirik-lirik yang panjang...

# CONTOH 5 : nada-nada lagu yang baik pastinya tergantung juga dengan penggunaan progresi chord nya, chord bisa menghadirkan berbagai mood dan suasana yang mendukung tema lirik maupun nada lagunya, untuk itu kita wajib mengetahui sugesti (kesan) chord-chord yang kita mainkan, ingin tahu detil tentang sugesti chord? kunjungi artikel Cara Mencari Chord Kunci Lagu Dan Belajar Lengkap Chord / Kunci Gitar, Piano & Bass

dan lain-lain...

*trik-trik ini cukup mudah untuk dipraktekkan, juga mampu menaikkan kualitas dari lagu yang dibuat, jadi gak kedengaran 'picisan' atau pasaran... trik-trik ini juga berlaku dan bisa dipraktekkan di instrument gitar, bass, keyboard, biola, dll...


DAN SEKALI LAGI, NADA LAGU YANG BAIK TENTUNYA AKAN JAUH LEBIH BAIK LAGI JIKA MEMILIKI LIRIK SYAIR LAGU YANG BAIK PULA, BACA ARTIKEL CARA MEMBUAT LIRIK SYAIR LAGU YANG BAIK DAN JUGA SEBAGAI PENOPANG UTAMA KARYA UTUH YANG BAIK PASTINYA JUGA MEMILIKI IRINGAN / PROGRESI CHORD YANG BAGUS, BAGAIMANA CARA MENENTUKAN CHORD-CHORD YANG BAIK & BENAR? MAKA KITA HARUS PAHAM PROGRESI DASARNYA, SUGESTI CHORD, CHORD TONES, BRIDGE CHORD, DAN LAIN-LAIN, UNTUK MEMAHAMI DASARNYA BACA ARTIKEL Cara Mencari Chord Kunci Lagu Dan Belajar Lengkap Chord / Kunci Gitar, Piano & Bass

*Ingin tahu contoh lagu yang mampu mengkombinasikan lirik yang baik dengan nada lagu dan aransemen musik yang berbobot (*lagu ini mendapat ribuan komentar positif dari musisi-musisi dan penyanyi-penyanyi seluruh dunia di situs musik terkemuka Reverbnation), penasaran dengan lagunya? tonton RANTAIAN LETIH by LING-LING ALFARI

*Jika anda ingin tahu secara detil semua trik, metode dan cara membuat nada lagu berikut liriknya, maka silahkan ikuti program les instrument di studio kami REYAL MUSIK (alat musik pilihan adalah gitar, keyboard piano atau bass), program les disini bersifat komprehensif (menyeluruh), artinya ketika anda belajar alat musik maka secara langsung maupun tidak langsung anda juga belajar menyerap nada-nada yang berkualitas berikut memahami pola ritmiknya, dan memang les disini menyediakan materi khusus yang membahas tentang konsep-konsep dasar songwriting (cara menulis lagu), kesimpulannya jika anda les disini, anda nantinya bukan hanya piawai bermain alat musik tetapi jago juga dalam membuat lagu dan merangkai lirik, untuk info lengkap mengenai biaya les alat musik (gitar, keyboard piano, bass) silahkan kunjungi blog REYAL MUSIK

*Anda ingin memesan lagu (order lagu) atau ingin dibuatkan lagu berikut aransemen musik sampai proses rekamannya? silahkan langsung hubungi CP (Dani Mkd) 0857 1846 1872 atau 0812 8095 1862, pin BB 7617E598 ... kunjungi blog PENULIS LAGU, LIRIK DAN ARANSEMEN MUSIK dan JASA ARANSEMEN MUSIK DAN PEMBUATAN LAGU 

(Words/Lesson By Dani Mkd @Reyal Musik)

Mungkin banyak yang penasaran sebenarnya siapa orang atau sosok di belakang layarnya REYAL MUSIK sekaligus Pendiri, Pengajar, Composer, Arranger, Songwriter, dll… ya dialah om DANI MKD, penasaran ingin tahu pendapat atau testimoni dari orang-orang yang pernah dibimbingnya langsung lewat les musik, yang pernah menggunakan jasanya baik recording, arranging, directing, dll.. serta pendapat-pendapat dari musisi-musisi atau penyanyi-penyanyi seluruh dunia yang sudah menyimak smua karya-karya musiknya, nah silahkan klik TESTIMONY !

http://reyalstudio.blogspot.com
http://rahasiailmumusik.blogspot.com
http://aransemenmusikdanlagu.blogspot.com
http://pembuatlagumusik.blogspot.co.id
http://www.instagram.com/reyalmusik
http://independent.academia.edu/ReyalMusik
http://www.facebook.com/ReyalMusik.Page2
http://www.facebook.com/ReyalMusik.Page1
http://www.facebook.com/reyalmusik
http://www.facebook.com/reyalmusik2
http://kursuslesmusikmurahjakarta.blogspot.com
http://les2bulan-jagomusik.blogspot.com
http://twitter.com/ReyalMusik
http://www.youtube.com/ReyalMusik
http://www.facebook.com/ReyalMusik.Page3
http://www.facebook.com/ReyalMusikCipayung
http://rekamanmurahhasilpro.wordpress.com
http://videobelajargitarpianobass.blogspot.co.id
http://videobelajargitarbasspiano.wordpress.com
http://reyalmusik.flavors.me

*harap dan mohon untuk selalu sertakan sumber arsip/artikel jika ingin copy-paste, etika dalam berbagi adalah modal dasar moralitas yang kreatif, jujur, beruntung dan cerdas.


Kumpulan Video Belajar Lengkap Gitar, Bass, Piano, Drum & Vokal Serta Teknik Aransemen Musik / Pembuatan Lagu, Video Pencerahan / Motivasi / Wejangan Tentang Musik dan Lain Sebagainya... PEMULA HARUS TONTON !!! *bisa menambah, menjelaskan dan memperkaya ilmu & wawasan tentang musik, klik link-link dibawah ini, semoga BERMANFAAT;

Sang Pengajar : Belajar Gitar, Piano, Bass & Drum Bersama Dani Mkd (Multi-instrumentalist)
 

Kumpulan Video Belajar / Tutorial / Lesson Gitar, LENGKAP & GRATIS ! 

Kumpulan Video Belajar / Tutorial / Lesson Piano Keyboard, LENGKAP & GRATIS !  

Kumpulan Video Belajar / Tutorial / Lesson Bass, LENGKAP & GRATIS !  

Kumpulan Video Tips / Cara / Metode Belajar Musik, LENGKAP & GRATIS ! 



CARA MEMBUAT LAGU SENDIRI 
CARA MEMBUAT LAGU CIPTAAN SENDIRI
RAHASIA MEMBUAT LAGU YANG ENAK
TIPS BIKIN LAGU SENDIRI
CARA MERANGKAI NADA LAGU
CARA MENYUSUN NADA LAGU
CARA MEMBUAT LAGU HIT 
CARA AGAR LAGU MENJADI POPULER DAN TERKENAL
TIPS MEMBUAT KARYA LAGU DIKAGUMI ORANG

Lagu Enak Didengar, Lagu Bagus, Lagu Mantap, Cara Bikin Lagu Enak, Cara Membuat Lagu Bagus, Cara Bikin Nada Indah, Cara Membuat Nada Berkualitas, Tips Membuat Nada Lagu Yang Enak, Baik, Bagus, Berkualitas, Indah, Harmonis, Berkarakter, Cara Membuat Lagu Pop Berkualitas, Rahasia Membuat Lagu Bagus, Cara Cepat Bikin Lagu, Cara Mudah Bikin Lagu, Cara Merangkai Nada-Nada Indah, Tips Memilih Nada Lagu Yang Bagus, Cara Bikin Lagu Keren, Cara Bikin Lagu Top, Cara Bikin Lagu Sendiri, Cara Membuat Lagu Sendiri, Cara Praktis Mengarang Lagu, Tips Mengarang Lagu, Cara Membuat Lagu Komersil, Cara Agar Lagu Menjadi Terkenal, Cara Membuat Melodi Lagu Yang Enak & Bagus, Nyanyian Yang Indah, Belajar Membuat & Bikin Lagu Sendiri, Belajar Cipta Lagu, Pencipta Lagu, Pengarang Lagu, Penulis Lagu, Song Writer, Easy Listening, Catchy, Mudah, Gampang, Vokal, Vokalis, Penyanyi, Cara Membuat Lirik Yang Bagus, Cara Membuat Syair Yang Baik Dan Bagus...
 
 

saya membuat berbagai karya lintas genre, mulai dari pop, blues, klasik, rock n roll, metal, jazz, alternative, rap, funk, country, power pop, psychedelic, electro house, reggae, punk, r 'n b, ethnic music, fusion, progressive, bossa dan lain-lain...ada beberapa karya saya yang mendapat ribuan komentar positif dari musisi-musisi dan penyanyi-penyanyi seluruh dunia di situs musik populer reverbnation, bahkan sempat diputar seharian penuh di salah satu cafe musik di kansas amerika, kata mereka sebagai bentuk apresiasi bagi karya-karya musik yang baik dan bermutu... untuk karya-karya yang lebih lengkapnya lagi silahkan kunjungi link-link dibawah ini ; 



Kami Menawarkan Jasa Pembuatan Lagu & Jasa Aransemen Musik / Lagu (Berbagai Genre), Minat ? Silahkan Hubungi : CP (Dani Mkd): 0857 1846 1872 / 0812 8095 1862 (whatsapp/line/wechat, pin BB: 7617E598)... juga membuka jasa pembuatan mars, hymne, jingle, soundtrack / theme song, scoring dan lain-lain (call for price).
*small price but BIG QUALITY !!!!!!



============================================
**************************************************************
============================================


REYAL MUSIK -> Studio Rekaman Dan Les Musik, Dengan Biaya Yang Sosial, Hasil Pro !!!

|| REKAMAN || ... very small price but BIG quality !!!

Untuk Rekaman Band: 
(Biaya Sudah Termasuk Record + Edit + Mixing + Master)
* 450rb / lagu
* 1,25jt / 3 lagu
* 2,4jt / 6 lagu

Untuk Rekaman Solo, Group Vocal, Order Aransemen, dst... 
(Biaya Sudah Termasuk Aransemen + Record + Mixing + Master + Bonus Clip Image)
* 1,3jt / lagu
* 3,5jt / 3 lagu 
* 6,5jt / 6 lagu
* 10Jt / 10 lagu 


* Untuk REKAMAN BAND, harus rekaman minimal 2 lagu sekaligus. 
* Additional Player = 250rb/instrument/lagu.
* Music Director untuk Band = 300rb.
* Hanya Mixing + Mastering: Rp. 300rb per lagu (min. 2 lagu).
* Rekaman Cover = 550rb (maksimal rekam 2 lagu).
* Juga Menerima Order Pembuatan Lagu, Call For Fee…
 

NOTE: Reyal Musik sudah merekam ribuan lagu/musik dari banyak Band, Solo Singer, Group Vocal, Duo, Trio, dll dari berbagai kalangan yang datang dari berbagai lokasi di indonesia (klien datang mulai dari jakarta dan sekitarnya, jawa, sumatera, kalimantan, sulawesi, papua, dan lain-lain, bahkan luar negeri...), ada beberapa karya lagu & aransemen Reyal Musik yg sempat berhasil lama menjadi jawara ranking 1 di chart Reverbnation (lokal/nasional) bahkan ada yg sempat masuk ranking 3 dunia dan mendapatkan ribuan komentar positif dari musisi2 seluruh dunia :-) serta ada juga hasil aransemen yg GO INTERNATIONAL in iTUNES With Global Distribution juga tersedia di Amazon, dll… Reyal Musik juga berpengalaman dalam pembuatan aransemen & rekaman untuk lagu-lagu Mars, Hymne, Jingle, Themesong, diantaranya pernah membuat aransemen mars untuk salah satu kesatuan TNI, mars pesantren modern (boarding school), mars salah satu bank terbesar di asean, mars perhimpunan dokter gizi klinik indonesia, mars sekolah-sekolah favorit, jingle untuk perusahaan-perusahaan besar, juga pernah menggarap aransemen jingle untuk pemerintah (Kementerian PPPA) yakni jingle lagu Three Ends yang viral di youtube (dinyanyikan oleh berbagai kalangan di seluruh indonesia) yang memiliki pesan lirik yakni 'stop kekerasan terhadap perempuan dan anak', serta juga menggarap aransemen lagu theme song Hari Anak Nasional yang diselenggarakan juga oleh KPPPA yang berjudul Raihlah Mimpi, Reyal Musik juga pernah menggarap aransemen full album "Bela Negara" yang dinyanyikan oleh seorang perwira TNI... dan banyak lagi job-job lainnya yang sudah kami garap... ya disinilah tempat terbaik yang bisa anda temukan, bisa mendapatkan hasil PRO dengan biaya yang SANGAT SOSIAL... small price but BIG BIG BIG QUALITY !!! :) wawww! ^_^

Info selengkapnya dan ratusan sample-sample hasil rekaman.. KLIK link-link dibawah ini !!! 
blog REYAL MUSIK
fanpage REYAL MUSIK
fanpage (*mobile) REYAL MUSIK

**************************************************************



Motto kami ~> 80% AMAL, CUMA 20% BISNIS...
Tempat Les Musik TERBAIK Di Jakarta, Ajaran yang PRO dengan biaya yang sangat MEMBUMI dan SOSIAL demi KEMAJUAN MUSIK di tanah air...

BERIKUT INI BEBERAPA ALASAN MENGAPA KALIAN SEBAIKNYA LES DISINI, *ini fakta bukan promo :-) ;

- di tempat lain, metode belajarnya banyak yang parsial (tidak multi), disini konsep belajarnya multi genre / multi styles serta "play by ear" approaching,, waww!! gabungan metode unik dan langka serta sangat efektif hasilnya serta mampu menggapai berbagai level kreatifitas !!! ingin tahu sedikit gambaran tentang metode belajarnya ? silahkan baca artikel Metode Belajar Terbaik, Rasional, Efektif Dan Efisien Untuk Mencetak Calon Pemain Musik Yang Berjiwa Inovator Dan Multi Stylish

- di tempat lain bayar 100rb s/d 200rb itu untuk 1X pertemuan, disini cuma 200rb UNTUK 4X PERTEMUAN ( 1 Murid / Kelas, Tiap Pertemuan = 45 Menit ) WAW !!! (*jadi sama seperti cuma membayar 50rb tiap pertemuan). Untuk rincian lengkap biaya dan penjelasan lengkapnya silahkan baca di bagian bawah artikel ini atau kunjungi blog REYAL MUSIK.

- di tempat lain, target hasil belajar bisa sampai tahunan, disini target tercepat cuma 6 bulan (wow.. cuma butuh 6 bulan untuk merubah anda menjadi sosok pemusik yang awalnya biasa saja / amatir menjadi mumpuni, cerdas, bagus & profesional), bahkan disini ada program istimewa yakni les intensif kilat 2 bulan JAGO main musik, wow!!! 

- di tempat lain, anda hanya difokuskan pada lesson instrumen, disini anda akan diajarkan secara komprehensif yakni mulai dari belajar instrumen, harmoni instrumen sampai ke cara membuat aransemen musik, membuat lagu, membuat lirik serta menanamkan karakter untuk terus berinovasi serta diajarkan juga produksi musik (basic digital recording), waw!!! komplit !!! "sekali mendayung dua tiga pulau terlampaui, bahkan ribuan pulau terlampaui"...

- Cara belajar disini menggunakan sistem yang efektif dan efisien, anda akan mendapatkan materi yang lebih padat, terarah & terukur di setiap pertemuan, durasi menit pertemuan lebih lama serta pengajarnya full menjabarkan / mempraktekkan di sepanjang durasi pertemuan, waktu anda tidak sia-sia jika belajar disini, setiap pertemuan anda akan mendapatkan ilmu / wawasan yang baru, dan akumulasi dari semua itu akan menghasilkan hasil belajar yang maksimal, sesuai harapan. 

- Juga dibuka program khusus les intensif instrument yakni Program Intensif Privat ‘BELAJAR SAMPAI JAGO’ selama 2 bulan berturut-turut, untuk program ada 2 pilihan:  
(1) PROGRAM A ; Total 32 X Pertemuan, 1 minggu 4X pertemuan, 90 menit per pertemuan. Biayanya cuma 5 juta / murid per instrument.  
(2) PROGRAM B ; Total 16 X Pertemuan, 1 minggu 2X pertemuan, 90 menit per pertemuan. Biayanya cuma 2,9jt juta / murid per instrument 
(*dikhususkan untuk pilihan instrument: Gitar, Bass & Keyboard). 
Dapat BONUS GRATIS Les Singkat BASIC DIGITAL RECORDING !!!
Dan jika anda bisa mengajak 2 orang lagi untuk ikut program ini maka akan diberikan diskon biaya. (*dengan mengikuti program khusus ini, anda akan memiliki kemampuan multi yakni jago main musik, jago aransemen, jago nulis lagu, sekaligus paham / bisa digital recording dalam waktu yang amat sangat singkat,  skill-skill ini adalah modal besar dan modal utama anda untuk menjadi sosok yang sangat mandiri serta sanggup membuka lahan kerja sendiri. jalan dan karir bermusik anda terbuka lebar karena anda sudah membekali diri dengan multi skill yang membuat anda siap berada di lahan apapun dalam dunia musik... waw !!!)


... dan banyak lagi keunggulan-keunggulan lainnya...

## SENTUHAN PROFESIONAL DENGAN HARGA YANG MEMBUMI... !!!

(biaya memang sangat sosial, namun kualitas ajaran sangat terjamin.. inilah yg membedakan kami dari yang lain, small price but BIG quality)

Penasaran dengan metode ajaran kami ??? SILAHKAN KUNJUNGI & LIKE FANPAGE REYAL MUSIK (*ini adalah page 'most wanted' di facebook yang banyak membongkar habis rahasia-rahasia ilmu musik, silahkan kunjungi dan like)

=> REYAL MUSIK adalah STUDIO REKAMAN & LES MUSIK, Nomor 1 Dalam Google Searching, Top Rank !!!

(* REYAL MUSIK ... ada untuk memudahkan langkah kalian *)
||> Konsep Yang ‘SOSIAL’ Demi Kemajuan Musik di Tanah Air
||> Motto kami : 80% amal dan cuma 20% bisnis

REYAL MUSIK,
Jl.Tugu no.1 Cipayung Jakarta Timur
(dekat Markas Pusat Teritorial TNI AD Cipayung)
CP (Dani Mkd): 0857 1846 1872 (WA/Line)
0812 8095 1862 pin BB: 7617E598 

INFO SELENGKAPNYA: 
blog REYAL MUSIK
fanpage REYAL MUSIK 
fanpage (*mobile) REYAL MUSIK
 

* selain berprofesi sebagai music arranger dan song writer, saya juga seorang instruktur musik, mengajar multi instrument (gitar, bass, keyboard dan drum), Belajar Gitar, Bass, Drum & Piano Bersama Dani Mkd





* Cara Belajar Gitar Yang Benar
* Cara Belajar Bass Yang Benar
* Cara Belajar Drum Yang Benar
* Cara Belajar Keyboard Piano Yang Benar
* Metode Belajar Gitar Yang Benar
* Metode Belajar Bass Yang Benar
* Metode Belajar Drum Yang Benar
* Metode Belajar Keyboard Piano Yang Benar
* Tips Belajar Gitar Yang Benar
* Tips Belajar Bass Yang Benar
* Tips Belajar Drum Yang Benar
* Tips Belajar Keyboard Piano Yang Benar

* Cara Mudah Belajar Gitar
* Cara Cepat Belajar Gitar 
* Cara Praktis Belajar Gitar
* Cara Mudah Belajar Bass
* Cara Cepat Belajar Bass 
* Cara Praktis Belajar Bass
* Cara Mudah Belajar Drum
* Cara Cepat Belajar Drum 
* Cara Praktis Belajar Drum
* Cara Mudah Belajar Keyboard Piano
* Cara Cepat Belajar Keyboard Piano 
* Cara Praktis Belajar Keyboard Piano

Kursus Les Gitar Elektrik, Gitar Akustik, Bass, Drum, Keyboard Piano

65 comments:

  1. MAKASIH GAN BUAT TIPSNYA..OKE BANGET

    ReplyDelete
  2. AKAN KU PRAKTEKKAN SEGERA.. SXALI LAGI TRIMS BERAT BUAT TIPS2NYA.. MOGA2 SUKSES TRUS BUAT BLOG YG CANGGIH INI (y)

    ReplyDelete
  3. AKU BANYAK BACA BACA DI BLOG INI, ARTIKELNYA KEREN2 SEMUA

    ReplyDelete
  4. Artikelnya bagus banget. Tapi pertanyaan saya, kalau nggak bisa bermain musik, bisakah membuat lagu yang bagus? Saya sudah membuat lirik dan melodi untuk sekitar 50 lagu, musiknya dikerjakan teman, tapi beberapa saran mengungkapkan bahwa lagu saya kurang 'greget'. Bagaimana caranya? Adakah alamat email yang bisa dihubungi? Terima kasih. Btw, saya seorang ibu yang sudah pra lansia... :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. pertanyaan yg bagus... salah satu kelebihan jika kita mampu memainkan instrument disaat kita juga bersamaan berprofesi sebagai songwriter adalah mampu mengembangkan nada2 serta berimprovisasi dengannya, juga memiliki ritme yg variatif, timing yg bagus, dll.. beda jika kita cuma mengandalkan feel tanpa memiliki skill instrument, cenderung monoton biasanya, antara lagu yg satu ke yg lainnya mirip2 semua dan tidak melebar (*tidak memiliki variasi) karena pola ide hanya berkutat di satu pergerakan feel, tidak multi.. kebanyakan songwriter2 yg handal dan profesional di dunia ini pasti bisa minimal memainkan salah satu instrument dengan baik, inilah manfaatnya jika kita memiliki skill instrument terutama untuk para songwriter tentu skill ini sangat berguna dan sangat menunjang karir sebagai seorang songwriter... saran saya sebaiknya ibu juga menambah wawasan instrument (mencoba belajar instrument), tidak perlu sampai terlalu ahli yg penting cukup paham pergerakan chord2, harmoni, improvisasi, ritme, dll...

      Delete
  5. good artikel , tpi saya boleh konsultasi nggak ?
    alhamdulillah kalo soal lirik saya sudah mulai bisa dengan kualitas yang mungkin diatas rata2 , tapi kalo soal mencari nadanya yang sangat memusingkan saya ..
    gimana solusinya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kemampuan merangkai nada adalah kemampuan musikal, harus diasah dan dipelajari secara khusus baik lewat memperbanyak wawasan musik dan juga mendalami instrument supaya mengerti banyak pergerakan-pergerakan nada, memahami feel / soul nada, dan lain2.... jadi harus belajar musik supaya gak pusing :-)

      Delete
  6. Artikel Yang Luar Biasa Dan Karya-Karya Musik Yang HEBAT ! terus berkarya ya....... salut.

    ReplyDelete
  7. wah, keren, informasinya bagus dan tinggi, saya belum ada apa2nya.
    Kunjungi balik ya di
    db-tip.blogspot.com
    saya menulis beberapat tips, salah satunya cara membuat musik kreasi sendiri.

    ReplyDelete
    Replies
    1. terimakasih atas kunjungannya..sukses selalu gan...

      Delete
  8. bagus banget sharenya, salut buat ilmunya......

    ReplyDelete
  9. jan josssss..

    keren trik nya..
    tambah artikel lagi ya!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. banyak sekali artikel2 musik di blog ini, silahkan disimak satu-satu...

      Delete
  10. trimakasih, akhirnya ketemu juga artikel yang hebat dan berguna.....

    ReplyDelete
  11. Keren artikelnya kak:)

    Kak saya mau tanya, saya itu bisa main gitar & sudah bisa bikin kaya nada buat lagu. Tapi saya susah kalo mau bikin liriknya kak, Apakah ada cara untuk bisa membuat lirik lagu yang bagus kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. lirik itu biasanya berhubungan dengan bakat menulis, kl dia berbakat biasanya liriknya bagus2.. kita bisa meningkatkan kemampuan membuat lirik dengan cara memperbanyak bacaan tentang sastra, syair, puisi, dan karangan2 tulisan lainnya...

      Delete
  12. Luar Biasa, Belum Pernah Aku Temukan Artikel Sebagus ini, makasih banyak om Dani Mkd / Reyal Musik, keren,,

    ReplyDelete
  13. Terima kasih banyak sudah merespons pertanyaan saya bulan Mei lalu. Malam ini baru saya baca:-)
    Saya berharap suatu hari bisa merekam lagu saya di Reyal Musik.

    Btw, saya sertakan tautan salah satu lagu yang saya buat. Tentang Nelson Mandela.

    http://www.youtube.com/watch?v=dvyKobTBcHs

    Semoga berkenan melihatnya.

    Sukses selalu, mas Dani.

    Sisilia - Gunung Putri - Bogor

    ReplyDelete
  14. tips yg hebat dan karya yang luar biasa......

    ReplyDelete
  15. Bagus artikelnya... ^_^

    Share juga 6000 Lagu Midi Karaoke Full Lirik ( 1 Link Download )

    http://karaokemidiku.blogspot.com/

    ReplyDelete
    Replies
    1. thanks untuk mampirnya dan info bagusnya

      Delete
  16. amnatap mass,, makasih buat tips nya..

    http://toko661.com

    ReplyDelete
  17. Saya kesulitan ngulik melodi rock dan blues..
    Kira2 butuh waktu brp lama klo saya les di reyal musik..
    Trus jadwal lesnya hari apa aja

    ReplyDelete
    Replies
    1. silahkan datang daftar les jika berminat, nanti disini akan diajarkan cara2 & metode2 tercepat untuk bisa bermain gitar yg baik, benar, cerdas dan progres....

      REYAL MUSIK,
      Jl.Tugu no.1 Cipayung Jakarta Timur
      (dekat Markas Pusat Teritorial TNI AD Cipayung)
      CP (Dani Mkd): 0857 1846 1872 / 0812 8095 1862
      (whatsapp/line/wechat, pin BB: 7617E598)
      Info selengkapnya : http://reyalstudio.blogspot.com

      Delete
  18. tips keren, karya jenius, amazing banget om dani......

    ReplyDelete
  19. Amazing Tips, and wonderful songs.

    ReplyDelete
  20. pencerahan banget , makasih

    ReplyDelete
  21. Luar Biasa..Amazing..

    ReplyDelete
  22. Ribet juga yaa gan cara membuat lagu nyaa :) tapi makasih untuk informasinya :)

    ReplyDelete
  23. tipsnya okeh banget, langsung aku praktekkan caranya dan keren om hasilnya.. mkasih om dani buat tips2 nya sukses slalu buat reyal musik .. mantap.

    ReplyDelete
  24. Maksih atas tipnya, Mantap Boss

    ReplyDelete
  25. mantap gan artikelnya.........

    ReplyDelete
  26. Saya begitu menyukai artikel yang disajikan dalam blog ini,
    Semoga sukses terus memberikan informasi bermanfaat utk semua orang.

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...